Perlombaan Sandeq Race Segitiga Babak Penyisihan

  • Bagikan

SULBAR99NEWS.COM, MAJENE – Ribuan warga dari berbagai lapisan masyarakat dan daerah memadati bibir pantai Kabupaten Majene untuk menyaksikan Sandeq Race Segitiga babak penyisihan dalam kegiatan HUT Majene yang ke-478 sekaligus menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78, Sabtu (12/07/2023).

Saat ini, para peserta tengah berlomba dalam babak penyisihan, babak penyisihan dibagi dalam dua fool, yakni fool A dan fool B, tiap fool terdapat delapan peserta sehingga dilakukan dua kali race.

“Terdapat 16 sandeq dalam babak penyisihan ini dan dibagi dua grup, yakni grup A diisi 8 peserta begitu juga grup B diisi 8 peserta, bagi peserta yang meraih juara 1, 2 dan 3 pada grup A dan B akan berlomba pada babak final, jadi 6 peserta yang akan mengikuti babak final pada 13 Agustus,” Wakil Bupati Majene Aris Munandar.

Baca juga  Gus Menteri Terobsesi BUMDes Menjadi Ikon Pengembangan Ekonomi di Desa

Aris Munandar juga yang melepas langsung para passandeq mengatakan, perlombaan perahu bercadik merupakan kelestarian budaya tak benda dengan kehebatan para pelaut ulung Mandar, dibuktikan dengan perahu sandeq tanpa mesin yang hanya mengandalkan hembusan angin melalui layar model suku Mandar.

Baca juga  Pornas XVI Korpri tahun 2023 Resmi Dibuka, Ini Peluang Sulbar

“Budaya sandeq begitu sarat pengetahuan tentang perhitungan, navigasi, pengetahuan kemaritiman, hingga kearifan lokal masyarakat Sulawesi Barat,” ujar Aris

Adanya lomba ini menjadi bagian dalam upaya melakukan pelestarian dan pengembangan dan menjaga budaya Mandar.

Baca juga  BPKAD Polman Periksa Aset Kelurahan Limboro

Aris juga menyampaikan, perahu tradisional sandeq dapat melaju hingga kecepatan 20 sampai 30 knot atau sekitar 50 kilometer per jam yang perkembangannya saat ini digunakan dalam ajang perlombaan dalam rangka melestarikan budaya bahari di Sulawesi Barat.

Ia berharap, melalui pelestarian budaya tak benda ini mampu mewujudukan Majene Unggul, Mandiri, Religius dan Berbudaya.

(Indra Saputra)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *