Waspadai Peningkatan Penyebaran Covid 19 di Sulbar, Darno Majid Jelaskan Pergub 40 Tahun 2020


SULBAR99NEWS.com.-Mamuju. Sebagai tindak lanjut dan keputusan Presiden RI nomor 82 tahun 2020, tentang komite penanganan Corona virus disease 2019 (Covid19), maka pemerintah provinsi Sulawesi Barat telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Sulbar tentang percepatan dan penanganan disiplin bagi pelanggar pelanggar Covid disease 2019,sebagaimana diutarakan Darno Majid Kepala BPBD Sulbar, 14/09/2020.

Darno Majid menjelaskan bahwa lahirnya peraturan Gubernur Sulbar nomor 40 tahun 2020 dalam rangka Penerapan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 untuk percepatan penanganan COVID 19 ini mengacu pada draft yang telah pihaknya ajukan beberapa waktu sebelumnya.

Baca juga  Peduli Warga Terdampak Covid-19, Kodim 1401 Majene Bagi bagi Sembako

”Alhamdulillah kemarin sudah ada hasilnya, senin 31 agustus, telah ditanda tangani oleh bapak gubernur lalu kita mulai untuk sosialisasikan di tingkat kabupaten”, terang Darno Majid.

Di dalam lingkup pergub tersebut meliputi berapa Point diantaranya protokol kesehatan, partisipasi masyarakat, monitoring dan evaluasi, pembinaan dan pengawasan, penerapan sanksi sosialisasi dan partisipasi serta pendanaannya.

Baca juga  Dua Warga Ulumanda Positif Rapid Test, Syafaat Minta Posko Covid Ulumanda Segera Dibuka Kembali

“Juga didalam kewajiban mematuhi protokol kesehatan Covid 19 ini, itu diberlakukan kepada perseorangan, pelaku usaha, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum ,” tegas Darno.

Lebih jauh Darno Majid mengungkapkan bahwa berdasarkan Pergub tersebut, gubernur selaku pembina dan pengawas pelaksanaan dan pencegahan dan pengendalian penyebaran corina virus disease 2019 ini, maka melalui pergub tersebut dirinya telah mendelegasikan pelaksanaan tersebut kepada gugus tugas /satuan tugas penangan Covid 19 daerah badan penanggulangan bencana daerah , satuan polisi, pamong praja TNI, dan POLRI.

Baca juga  Tujuh Warga Mateng Kembali Terpapar Corona Virus

“Karena itu selaku Kepala BPBD Sulbar berharap semoga kedepan ini masyarakat bisa semakin meningkatkan kesadarannya untuk tetap mematuhi protokol Covid 19, terutama jika bepergian agar supaya Sulbar dan indonesia pada umumnya terlepas dari Covid 19 tersebut, ” jelas Darno Majid Kepala BPBD Sulbar di sela-sela pemeriksaan BPKP. (Edi Kurniawan)