Terbaik terbaik

Waspada, Dua Pasien Covid19 di Mamuju Kabur, Satu di Rumah, Satu Pencarian


Ilustrasi (Internet)

SULBAR99NEWS.COM-MAMUJU, Dua kasus positif covid19 dari Kabupaten Mamuju berhasil melarikan diri dari RS. Regional Mamuju, Jumat (29/5/2020).

Anggota tim gugus tugas covid19 Sulbar, dr. Ihwan yang dikonfirmasi terkait persoalan tersebut, mengatakan, kedua pasien itu kabur karena merasa sehat dan merasa sudah lama diisolasi. “Awalnya pasien itu tidak mau secara mandiri memeriksa, tapi karena dijemput tim Gugus Tugas, akhirnya mereka datang dan diperiksa swab,” ujar dr. Ihwan.

Baca juga  Peran Ibu Perkuat Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi

Dia melanjutkan, salah satu alasan kaburnya dua pasien tersebut karena orang tua tidak mendukung dan lebih mendengar anaknya daripada petugas RS. “Anaknya mengaku kalau di RS tidak pernah diberi obat. Coba kalau orang tua yang bijak, apa benar anaknya tidak dikasih obat. Masa tidak dikasih obat, dokter ahli ini yang rawat,” kata dr. Ihwan.

Baca juga  Pulang ke Toraja, Mahasiswi Unsulbar Dikarantina di Lumbung Padi

Dr. Ihwan mencontohkan, di Topoyo saja, yang dirawat dokter umum, dikasih obat. Ini dokter ahli yang tangani. “Alasan dibuat buat saja, tidak mau bersabar menunggu hasil lab selanjutnya. Nanti dua kali hasil tes negatif baru bisa pulang, ini baru sekali di tes, itupun hasilnya positif,” kesal dr. Ihwan.

Dua pasien yang kabur ini, lanjut dr. Ihwan, satu orang kabur di rumahnya dan satunya lagi dalam pencarian. Semuanya dari Kota Mamuju. “Yang dirumahnya, tadi itu dijemput, tapi orang tuanya tidak mau anaknya diambil. Karena polisi mempertimbangkan resiko, apalagi sudah malam, jangan sampai ada korban, karena mereka bawa parang. Jelas polisi akan menembak kalau ada macam-macam, besok dilanjutkan,” urai dr. Ihwan. (Satriawan)

Baca juga  Cegah Penyebaran Covid-19, Brimob Parepare Patroli Imbau Masyarakat