Warga Pertanyakan Penggantian Akta Kelahiran Disdukcapil


DISDUKCAPIL. Suasana pelayanan kependudukan di Disdukcapil. (Foto : Ali Muhtar)

SULBAR99.COM–MAJENE, Sejumlah warga di Kelurahan Labuang dan Kelurahan Lembang mempertanyakan adanya penggantian akta kelahiran terbitan dibawah tshun 2012 yang dilakukan Disdukcapil Majene.

Salah seorang warga Dedy mengatakan, hampir seluruhnya akte kelahiran
yang terbitan tahun 2012 di ganti yang baru oleh Disdukcapil, alasannya akte kelahiran yang dikeluarkan tahun 2012 kebawa masih menggunakan sitem manual.

“Makanya banyak masyarakat yang bertanya-tanya, kenapa mesti diganti
yang baru, di kabupaten lain tidak begitu,  padahal akte kelahiran itu berlaku seumur hidup, kecuali ada kesalahan penulisan, seharusnya akte kelahiran yang manual bisa saja diintegrasikan ke system online,”kata Dedy, Selasa (6/8/2019).

Baca juga  1800 KK Pelanggan Bermasalah PDAM Majene

Yang jadi masalah juga kata Dedy, disejumlah sekolah juga para siswa baru oleh pihak sekolah diminta agar seluruh siswa yang baru masuk mengumpulkan akte kelahiran yang asli, KTP dan foto copy surat nikah

”Seperti anak saya yang baru masuk di salah satu SMP, diminta agar mengumpulkan akte kelahiran yang asli, foto copy KTP dan foto copy surat nikah, kata pihak sekolah ini dilakukan sesuai surat edaran dari Disdukcapil, ini yang menjadi tanda tanya bagi masyarakat, ada
apa,”ungkapnya.

Baca juga  HMI Sayangkan Sikap Polisi Terhadap Penyelidikan Kasus Pelemparan Gedung DPRD

Terpisah Kepala Dinas Dukcapil Majene Mattalunru, saat dikonfirmasi terkait pengantian akte kelahiran yang terbit tahun 2012 kebawa, menjelaskan bahwa Akta kelahiran yang dikeluarkan tahun 2012 belum terupdate.

Baca juga  BBM Jenis Solar di Majene Sejak Sepekan Langka

“Sebenarnya bukan diganti, hanya diperbaharui agar semua akte
kelahiran ter update dan masuk SIAK, maknya semua akte kelahiran yang
masih menggunakan manual itu diperbaharui, tidak ada maksud
lain,”jelas Mattalunru.

Ia meminta kesadaran masyarakat untuk memberikan akta lahir ke Disdukcapil agar akta lahir manual bisa diubah menjadi akta lahir SIAK. “Kegunaannya jika sudah sistem SIAK, informasi dari akta itu bisa dilihat atau dicek secara online.” Pungkasnya.(Ali).


DAERAH