Wahdah Islamiyah Kirim Relawan Kemanusiaan Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru


Relawan Wahdah Islamiyah. (foto: ist)

SULBAR99NEWS.COM-MAKASSAR, Wahdah Islamiyah mengerahkan relawan untuk melakukan kaji cepat (assesment) kebutuhan serta evakuasi masyarakat sekitar korban erupsi gunung semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Tim yang tergabung adalah relawan Laznas Wahdah Inspirasi Zakat dan Wahdah Peduli. Taufik Ashari selaku direktur program dan pemberdayaan Laznas WIZ menyampaikan dalam keterangan terbukanya bahwa relawan selama di sana akan melakukan sejumlah verivikasi data sebelum bantuan dikirimkan.

Baca juga  Bupati Majene Digugat Hak Kepemilikan Lahan Kantor Camat Pamboang

“Kami sudah menyiapkan sejumlah langkah dalam respon Erupsi Semeru ini, yang utama kita mengirimkan kebutuhan dasar dulu, sesuai hasil kaji cepat. Kemudian evakuasi, layanan kesehatan, dan juga pendampingan pengungsi,”ucapnya.

Baca juga  Aliansi Masyarakat Merah Putih Majene, Gelar Aksi Demo Tolak FPI

“Diawal kita kaji dulu apa saja kebutuhan pengungsi, dan lokasi yang dirasa aman untuk menyampaikan bantuan,” tambahnya.

Diketahui, Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore. Gunung seetinggi 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut juga mengeluarkan panas guguran dan hujan abu vulkanis cukup tebal.

Baca juga  Kebakaran di Topoyo, Hanguskan Empat Rumah dan Warung Makan

Sejumlah warga di dua Kecamatan di Lumajang, yakni Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo menjadi korban.

Relawan berangkat dari bandar udara Sultan Hasanuddin Makassar, lalu transit di bandar udara Ngurah Rai sebelum berangkat menuju Jawa Timur. (*)