Viral, Pria Berbaju Unsulbar Tampak Halangi Orang yang Melerai Perkelahian


Seorang pria berbaju Unsulbar tampak menghalangi seorang warga yang hendak melerai perkelahian. (foto : tangkapan layar video fb)

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Viral beredar di media sosial seorang pria berbaju dengan tulisan Unsulbar tampak berusaha menghalangi orang untuk melerai perkelahian dua orang. Terdengar suara dari video tersebut, da lao, da lao, yang dalam bahasa Indonesianya berarti jangan kesitu.

Belum diketahui pasti kapan dan dimana peristiwa itu terjadi. Namun video di facebook yang diunggah oleh Queensha Azizah mengatakan bahwa kejadian ini di Unsulbar dan orang yang berbaju unsulbar itu staf di Unsulbar.

“Katanya ini di Unsulbar, oknum staf Unsulbar memukul mahasiswa yang sedang mendemo kejelasan dana KIP. Usut tuntas oknum preman dalam kampus, usut tuntas para pemain dana KIP,” tulisnya di facebook memberi keterangan video yang diunggah tersebut, (Kamis (11/11/2021)

Sejumlah warga net yang melihat unggahan itu memberi komentar yang beragam, salah satunya akun milik Omar Andurrahman yang mengatakan postingan itu membuat citra buruk di Unsulbar. “Narasi postingan anda mmbuat citra bruk trhdp almamater kecintaan msyrkt sulbar, sy slaku pengabdi dkmpus ini sgt mnyayangkan narasi yg anda buat yg tdk sesuai dgn fakta kronologi kjdian, sy sdh mngknfrmasi bbrp saksi di tkp, bbrpa fakta tkp sbb:

Baca juga  Jasa Raharja Berikan Santunan Rp 50 Juta Kepada Ahli Waris Anggota DPRD Basri Mallilingang

Serombongan pendemo mmbwa isu kip kuliah sbgai tuntutan aksi

Para pendemo sbgian besar mhsswa nmun ada bbrpa oknum pendemo bkn mhsswa unsulbar dan dtengarai sbgai dalang intelektual dari aksi trsebut. Salah satu pendemo (mhsswa yg ada dlm vdeo trsebut menantang smua penghuni rektorat ntuk berduel /berkelahi).. Stlh bbrp mnit kmdian para pendemo mmksa ntuk mnyegel kmpus dan isu aksi mluas ke hal hal yg brsifat tuduhan sja.

Upya pendemo tdk bhsil.. Akhirnya para pendemo mnjauh dari pintu rektorat.. Singkatnya bbrp mnit kmudian, datanglah slh seorg staf unsulbar (yg ada dlm vdeo trsebut mnanyakn kjdian demo trhdp staf yg lain, nmun mhsswa yg ada dlm vdeo trsebut trus berteriak menantang dan mngjak berkelahi, akhirnya staf trsebut tdk tahan mliht klkuan oknum mhsswa trsebut dan mnghmpirinya) mka terjadilah perkelahian…. Jdi kjdian vdeo dan narasi yg anda posting tdk sesuai dgn fakta yg ada dan mmbuat citra bruk ke institusi, olh krn itu, sy bhrap sebaiknya anda berhati hati mmposting sesuatu yg anda jg tdk tahu kronologi yg sbnrnya.. Selnjutnya atas postingan ni, jika anda tdk mnglarifikasi ulng mka kmi atas nma ikatan lintas pgwai unsulbar akn mngupayakn pmlik akun ini untuk mmprtanggungjawabn atas postingn ini.. ,” tulisnya.

Baca juga  Longsor di Mamuju, Sejumlah Pengendara Terpaksa Nginap di Jalan

Sementara itu, Abdulheha Unsulbar juga mengomentari postingan itu. “Saya rasa terlalu berlebihan dalam menjustifikasi video perkelahian .. yang saya tau persoalan ini sudah selesai.. pun mengenai aksi adik2 mahasiswa dan aspirasi yang mereka suarakan mengenai kejelasan KIP sudah dijawab.. mereka diterima dengan baik oleh rektor dan unsur pimpinan Unsulbar.. jadi ini sekedar masukan, mari bijak melihat masalah ini.. toh masalah perkelahian juga sudah diselesaikan secara baik. Unsulbar tetap terbuka dengan semua aspirasi yang disampaikan mahasiswa,, tak perlu dijelaskan secara gamblang pun publik atau masyarakat Sulbar melihat progres dan kemajuan kampus Unsulbar.. intinya mari kita menilai secara objektif persoalan2 yang kadang menjadi viral atau sengaja diviralkan di medsos.. ,” tulisnya.

Chiwang gunawan berkomentar. “Baju Unsulbar kasi tindakan tegas itu, tindakan pembiaran. Coba perhatikan tingkahnya. Betul2 kejadian yg sangat kampungan, malu ka liat ini org berkelahi,” tulisnya

Berikut beberapa komentar soal unggahan video tersebut.

“Yg pake baju Unsulbar, harus dipecat.. Menodai nama besar institusi Unsulbar.,” (Imran Rosmiati Jusri)

Baca juga  Aliansi Masyarakat Merah Putih Majene, Gelar Aksi Demo Tolak FPI

“Saya fokusnya sama orang yang memakai baju UNSULBAR, tidak melerai malah menarik tangan orang yang sementara melerai. bahaya kalau begini mencoreng citra institusi kampus,” (Nurman cucu adam)

“Kayak Nda berpendidikan itu yang pake maju nama UNSULBAR dibelakangnya. melarang melerai orang yg berkelahi, tidak memperlihatkan kemanusiawiannya.. kayak kasi berkelahi ayam saja dibiarkan saja, dibiarkan berkelahi,” (Aq shaid Diqe)

“sepanas2nya aksi demo setidaknya kedua belah pihak bisa saling menahan diri beradu jotos,apalagi ini di wilayah kampus yg mencetak sosok pemimpin masa depan,miris melihatnya 🤔🤔🤔,” (Satya Abipura)

“Saya sedikit menjelaskan,ini bukan pemukulan tp perkelahian yg terjadi saat demo SDH selesai karna saat demo terjadi sempat ceos karna mahasiswa ingin menyegel kampus,dan kami sempat beradu mulut sehingga saat demo selesai terjadi bentrok terhadap saya dan mahasiswa ini. Dan yg di demo itu bukan kejelasan dana KIP tp karna kuota KIP kuliah TDK dapat mencover keseluruhan mahasiswa unsulbar untuk mendapatkan KIP kuliah,dana apa yg kami mainkan na beasiswa itu masuk langsung ke rekening penerima KIP kuliah awas adek pihak Unsulbar bisa menuntut Anda karna postigan anda (Zulkifli Abdullah). (*)

unggahan video facebook Queensha Azizah