Vaksin Covid yang Terpakai di Majene Capai 52.726 Dosis


Gubernur Sulbar ABM didampingi Wabup Majene Arismunandar di puskesmas Pamboang. (Foto : prokopim Majene)

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Pencanangan Vaksinasi Massal Sulbar Cepat Vaksin dihadiri Gubernur Sulbar digelar di Puskesmas Pamboang, Minggu sore, 26 September 2021.

Kadis Kesehatan Majene dr. Rahmat dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Vaksinasi COVID -19 di Kabupaten Majene secara simbolis (Kick Off) mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2021, di mana jadwal awal pelaksanaan adalah tanggal 10 Januari 2021, pelaksanaan vaksinasi tertunda akibat adanya Bencana Gempa yang terjadi di Kab. Majene.

“Jumlah sasaran kegiatan Pelaksanaan Vaksinasi hari ini di Puskesmas Pamboang sebanyak 300 orang, baik Dosis I maupun Dosis II,” ujarnya.

Target sasaran Vaksinasi di Majene sebanyak 130.261 yang terdiri dari Sumber Daya Kesehatan 1.383, Pelayanan Publik 13.843, Lansia 11.335, Masyarakat Umum dan Masyarakat Rentan 83.727 serta Remaja Usia 12 — 17 Tahun 19.973.

Sedangkan Capaian Vaksinasi selama pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Majene :

  1. Dosis I telah tercapai 36.242 (27,82%), yang terdiri :
    a. Sumber Daya Kesehatan : 1.497 (108,25%)
    b. Pelayanan Publik : 16.343 (118,06%)
    c. Lansia : 1.197 (10,56%)
    d. Masyarakat Umum dan Masyarakat : 14.597 (17,43%)
    e. Remaja Usia 12 — 17 Tahun : 2.608 (13,06%)
  2. Capaian dosis II sebesar 15.723 (12,07%), yang terdiri dari :
    a. Sumber Daya Kesehatan : 1.373 (99,28%)
    b. Pelayanan Publik : 9.061 (65,46%) c. Lansia : 549 (4,84%)
    d. Masyarakat Umum dan Masyarakat : 4.589 (5,5%)
    e. Remaja Usia 12 — 17 Tahun : 151 (0,11%)
  3. Capaian dosis III sebesar 416 (33,17%).
Baca juga  Hibah Tanah Dermaga, Gubernur Sulbar Kunker ke Basarnas Mamuju

Jumlah vaksin yang sudah diterima Kabupaten Majene selama pelaksanaan vaksinasi sebanyak 59.936 dosis dan sudah terpakai sebanyak 52.726 dosis.
Sisa stok vaksin yang ada terdiri dari :

  1. Sinovac 256 dosis
  2. Astra Zeneca 760 dosis
  3. Moderna 6.132 dosis (sudah dengan dosis II : 4690 dosis dan nakes 434 dosis).

Wakil Bupati Majene Arismunandar mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Majene, menyambut baik dan memberi apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan vaksinasi massal ini. “Semoga kegiatan ini berjalan lancar, sebagai salah satu upaya kita dalam pengendalian penyakit covid19 di Sulbar dan Majene khususnya,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Majene telah berupaya maksimal dalam penanganan covid-19, seperti melakukan pembatasan mobilitas masyarakat yang ketat, melakukan intensifikasi pelaksanaan testing dan tracking, serta melakukan vaksinasi secara besar besaran.

Wakil Bupati juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur Sulbar yang datang langaung memantau pelaksanaan vaksinasi di Majene, dan datang juga memberikan bantuan sembako bagi warga Majene, ini adalah salah satu bentuk perhatian bagi masyarakat Majene.

Baca juga  Cuaca Buruk, Nelayan Tidak Melaut, Harga Ikan Meroket
(Foto : prokopim Majene)

Arismunandar menyampaikan secara terbuka dihadapan hadirin, bahwa pernah juga terkena yang namanya Virus Corona pada bulan Januari kemarin, dan itu dilalui hampir satu bulan lamanya menjalani isolasi mandiri.
Bercerita tentang bagaimana tidak enaknya bila kita terkena yang namanya virus corona, sekaligus membantah hoax dimasyarakat bahwa Virus Corona itu betul betul nyata dan ada. Apa lagi waktu itu Arismunandar belum melakukan vaksin, sehingga sakit yang dirasakan cukup terasa.

Selanjutnya Wakil Bupati menyampaikan bahwa dengan adanya vaksin nantinya, tentu akan menjadi benteng tubuh kita terhadap virus corona, dan mengajak semua warga masyarakat Majene agar bersedia untuk di vaksin, karena bila kita terkena Corona dan sudah Vaksin, maka sakit yang dirasakan hanya seperti demam biasa saja.

Bila kita semua bersatu padu mendukung program Vaksinasi, maka “Herd Imunity” atau kekebalan tubuh akan dapat terbentuk disemua warga Majene, yang ditargetkan 70% secara nasional dari jumlah penduduk.

Wakil Bupati juga menyampaikan apresesi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada jajaran TNI – Polri dan Tenaga Kesehatan di Kab. Majene yang telah berjibaku dalam upaya mempercepat Vaksinasi selama ini di Majene.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Majene yang telah melakukan vaksin, dan berharap yang telah Vaksin agar dapat menyampaikan kepada seluruh keluarga, teman dan handai taulan agar dapat juga ikut Vaksin.

Baca juga  Tanggulangi Wabah Covid-19, Pemkab Majene Pangkas 50 Persen Anggaran OPD

Sementara Gubernur Sulbar, Andi Ali Baal Masdar (ABM) mengatakan, Program Vaksinasi tidak bertujuan untuk membuat seseorang menjadi kebal dan terbebas dari Covid-19, Vaksinasi juga tidak serta merta menggantikan implementasi protokol kesehatan.

“Kepada seluruh masyarakat, saya menghimbau untuk selalu menerapkan “4M” memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, baik saat ini maupun setelah menjalani vaksin,” ungkapnya.

Gubernur juga mengajak semua, untuk mendukung tenaga kesehatan dalam mendukung upaya 3T, yaitu tracking, testing dan treatment, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, sekaligus sebagai upaya pemulihan pasien positif covid-19.
Kita juga harus tetap berdisiplin menjaga diri, dan bersama sama merintis terbentuknya kekebalan kelompok atau Herd Imunity Sulbar.

“Vaksinasi Covid-19 akan kita laksanakan pada hari ini, adalah upaya percepatan pelaksanaan Vaksinasi di Sulbar khususnya Kab. Majene dengan beberapa tahapan yang harus dilewati oleh penerima vaksin,” tambahnya.

Gubernur berharap agar pelaksanaan vaksinasi Covid19 dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat paparan covid19, dan pandemi ini akan segera berakhir. (ih)


MAJENE