Vaksin Anak 6-11 Tahun. Menolak dan Menangis Saat Disuntik. Dr. Rakhmat: Respon yang Wajar


Wakil Bupati Majene yang didampingi Direktur RSUD Majene dr. Rakhmat. (foto: prokompim Majene)

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Wakil Bupati Majene Arismunandar menghadiri dua kegiatan Sosialisasi Vaksinasi usia Sekolah Dasar yang dilaksanakan di SDM 2 Kampung Baru dan SDN 4 Majene, Selasa (11/1/2022).

Wakil Bupati Majene Arismunandar mengatakan, selain kegiatan sosialisasi, kedatanganya ke SDN 2 dan SDN 4 ingin bersilaturahmi serta memantau pelaksanaan belajar tatap muka yang sudah berlangsung.

Menurutnya, kegiatan vaksinasi harus mendapat dukungan seluruh pihak terutama para orang tua murid. Pasalnya setelah usia dewasa, isasaran selanjutnya adalah anak usia sekolah yaitu 6 – 11 tahun. “Yang bisa saya sampaikan disini vaksin aman untuk kita dan anak anak kita, jadi sangat penting agar kita sebagai orang tua mengarahkan anak anak kita untuk mendapatkan vaksin, mungkin belum sekarang ini, tapi pasti akan segera dimulai sudah terjadwal,” ucapnya.

Baca juga  SU, Warga Pakkola Majene Dinyatakan Sembuh Covid19

Ia berharap, kedepannya pihak terkait baik dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga terus saling berkoordinasi sehingga kegiatan tersebut bisa terlaksana tanpa ada masalah.

Baca juga  Pasien PDP Covid19 dari Moloku Majene Meninggal di RS. Mamuju

Ia juga setuju dengan usulan untuk memberikan door prize menarik bagi peserta vaksin usia sekolah, agar lebih antusias dan semarak.

Kadis Kesehatan Majene dr Rahmat Malik juga menghimbau para orang tua murid yang hadir agar tidak takut mengikutkan anaknya untuk vaksin.

Selain dinyatakan aman, para peneliti ilmuwan dan para professor di bidang kesehatan telah menyatakan vaksin aman untuk tubuh.

Ia menggambarkan, pelaksanaan vaksinasi itu layaknya pemberian imunisasi di sekolah. Anak anak biasanya menolak dan menangis saat ingin disuntik, hal tersebut kata mantan Direktur RSUD Majene tersebut merupakan respon yang wajar. “Vaksin ini bertujuan untuk melindungi diri kita, kalau vaksin tidak aman maka sudah banyak kejadian yang akan terjadi, Majene sudah 90 ribu lebih yang divaksin, kalau pun ada kasus itu karena penyakit bawaan bukan karena divaksin, jadi kami harap orang tua ini membantu agar herd imunity bisa tercapai,” jelasnya.

Baca juga  Seorang Nelayan Warga Rangas Majene Hilang Saat Melaut