Urus KTP, KK dan Data Kependudukan Lainnya,Tak Perlu Bolak-balik ke Disdukcapil Majene


SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Melanjutkan berbagai inovasinya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Majene menggelar  Sosialisasi Penerapan Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring di ruang pola Kantor Bupati Majene, Senin 1 November 2021.

Sosialisasi tersebut terkait pengoprasian Aplikasi pelayanan administrasi kependudukan, dimana nantinya masyarakat akan dimudahkan mendapat layanan sehingga tak perlu lagi untuk datang beramai-ramai atau bolak balik ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, namun cukup di rumah dikantor Kelurahan, kantor Desa atau tempatnya masing-masing yang terjangkau jaringan internet. Aplikasi tersebut merupakan hasil pengembangan dari PT. Iron Digital Solution.

Baca juga  Kapolres Polman Kunjungi Gotong Royong Warga Angkat Rumah

Kadis Kependudukan Catatan Sipil Asri Albar mengatakan, dengan penggunaan aplikasi administrasi kependudukan tersebut, ia berharap dapat beroperasi dengan baik dan dapat diimplementasikan di masa-masa yang akan datang. Inovasi di bidang teknologi informasi tersebut juga menjadi pelengkap dari dua inovasi sebelumnya bersama Kementerian Agama. “Disdukcapil di tahun 2021 ini melakukan 3 Inovasi, kami sangat bersyukur karena setelah tujuh kali berkomunikasi dengan pimpinan, akhirnya bisa direalisasikan hari ini, ” ujarnya.

Baca juga  Selain di Panggalo, Kebakaran Lahan Juga Terjadi Lagi Di Segeri

Sementara Asisten I Setda Majene Nadhlah B Fattah yang mewakili Bupati Majene dalam kegiatan tersebut berharap, agar seluruh OPD, unit kerja khususnya kepada Lurah dan kades untuk merespon dan memberikan dukungan atas inovasi tersebut yang dalam waktu yang tidak terlalu lama akan dilaksanakan perjanjian kerjasama antara Disdukcapil dan seluruh kelurahan dan desa, sehingga aplikasi tersebut akan digunakan awal tahun 2022. “Kegiatan ini menjadi satu jawaban atas anjuran pemerintah pusat agar daerah dapat menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang efektif dan efisien,” jelasnya.

Baca juga  Sasaran Saber Pungli di Majene Bukan Hanya pada Pelayanan Publik, Namun Juga Ini

hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Kepala Bapeda Majene, Kepala Bapenda, Kadis PMD, para Camat, Lurah dan Kades. (ril)