Tingkatkan Profesionalisme, Puluhan Personel Polres Majene Ikuti Sosialisasi Hukum


Tim Bidang Hukum Polda Sulbar, Melaksanakan Sosialisasi Hukum

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Guna meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme dibidang hukum, puluhan personel Polres Majene mengikuti sosialisasi hukum dan peraturan Kapolri nomor 14 tahun 2011 tentang kode etik profesi Polri, di Aula Mapolres Majene, Jumat (14/8/2020).

Kapolres Majene, AKBP Irawan Banuaji, saat membuka sosialisasi menyampaikan, penyuluhan hukum yang akan disampaikan ini, terkait peraturan-peraturan kepolisian yang baru bagi anggota Polri di lingkungan Polres Majene.

“Selain untuk menambah pengetahuan, anggota juga harus senantiasa memahami peraturan Kapolri sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat, Untuk itu, kami berharap seluruh personel betul-betul mengikuti kegiatan ini dengan serius agar dipahami dengan baik sebagai acuan dan dasar dalam pelaksanaan tugas ditengah masyarakat,” tandasnya.

Baca juga  Itwasda Polda Sulbar Cek Pengamanan di Perbatasan Sulbar Sulteng

Sementara Tim penyuluhan hukum dari Bidang Hukum Polda Sulbar Kombes Pol.Iskandar didampingi Kasubbid Bankum, AKBP Muhamdad Haidir bersama Kapolres Majene, AKBP Irawan Banuaji, dihadapan para peserta mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, terkait peraturan-peraturan yang baru di lingkungan Polri.

“Kegiatan penyuluhan hukum ini sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas agar tidak terjadi kesalahan serta pelanggaran-pelanggaran yang dapat menurunkan citra institusi kepolisian di mata masyarakat. Termasuk permasalahan hukum yang timbul dimasyarakat, khususnya yang dihadapi para anggota, baik anggota Polri, ASN maupun Bhayangkari dan keluarganya,” ucap Kombes Iskandar, Jumat (14/8/2020).

Baca juga  Ciptakan Lingkungan Bersih, TNI-Polri Gelar Kerja Bakti Bersama

Adapaun materi yang disampaikan, ada beberapa pasal yang juga disampikan terkait amanat Undang – undang No. 2 Tahun 2002 tentang Polri diantaranya pasal 31, 32, 33, 34, 35 yang isinya pejabat polri dalam tugas dan wewenang harus memiliki kemampuan profesi.

Baca juga  Si Dokkes Polres Pasangkayu Kembali Vaksinasi 120 Orang di Gerai Presisi

Pasal 32 berbunyi pembinaan kemampuan profesi melalui pembinaan etika dan pengembangan pengetahuan bidang teknis kepolisian, pasal 33 untuk pembinaan dengan upaya kajian penelitian bidang ilmu dan teknologi kepolisian serta pasal 34 dan 35 membahas seputar sikap perilaku dan mengikuti aturan dan batasan-batasan yang ada.

Secara umum yang dijelaskan adalah etika Profesi Polri, Kode Etik Profesi Polri, Komisi Kode Etik Polri dan Banding. Etika kenegaraan, etika kelembagaan, etika kemasyarakatan dan etika kepribadian, (Alimukhtar).


HALO POLISI