Tim Penilai Lomba PHBS PKK Polman Berkunjung ke Kelurahan Petoosang


SULBAR99NEWS.COM-POLMAN, Tim penilai Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) berkunjung ke Kelurahan Petoosang Kecamatan Alu Kabupaten Polman, Kamis (14/10/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Tim Penilai BPHS mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat dusun satu petoosang kelurahan petoosang kabupaten Polman.

Turut hadir ketua Tim penggerak PKK kabupaten Polman Hj Jumriah Ibrahim, didampingi ketua pokja kabupaten Polman, Ketua TP PKK kecamatan Alu, Ketua TP PKK kelurahan Petoosang, Camat Alu Hamsah Ismail,S.Pd Lurah Petoosang Wahyuningsih Karman,S.Ip, kepala Puskesmas Alu Dr. Gunadil dan kepala lingkungan 1 petoosang, Ramli.

Baca juga  670 KK Terima Sertifikat Redistribusi Tanah Obyek Agraria di Majene

Dalam lomba 10 indikator PHBS rumah tangga ini, ketua tim penggerak PKK Hj Jumriah Ibrahim menuturkan, diterapkannya PHBS ini di kehidupan sehari hari, masyarakat akan bisa membawa perubahan pola hidup sehat. “Karena ini datang dari kesadaran pribadi, sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan, serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. Seperti memanfaatkan lahan kosong di depan rumahnya jadi kebun pribadi, menanam sayur sayuran dan tumbuhan lainnya yang bisa bermanfaat untuk kesehatan dan sebuah rekayasa sosial yang bertujuan menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan, agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari – hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat seperti tidak merokok di dalam rumah,” paparnya

Baca juga  2021, Fahmi Massiara Fokus Pemantapan MP3

Hj Jumriah Ibrahim di sela-sela melakukan penilaian, juga meresmikan posyandu siamasei untuk nantinya dilakukan pelayanan pola asuh anak dan remaja. “Agar masyarakat bisa seperti ini, ada yang mau menghibahkan lahannya untuk pembangunan posyandu. Karena saat ini pemerintah daerah terbentur ketiadaan lahan, sehingga tidak dapat memberikan bantuan jika lahan hanya sifatnya sementara, kami tidak bisa memberikan bantuan. Jika lahan itu jelas, silakan masukkan proposal kami siap bantu, “tuturnya.

Baca juga  Wow, Hari Ini Majene Tercatat Nol Kasus Covid-19

Jumriah Ibrahim menambahkan, dalam TP PKK Kelurahan dan kecamatan menerapkan indikator – indikator yang telah ditetapkan pada PHBS dan telah diterapkan pada kehidupan sehari-hari oleh masyarakat desa, kelurahan dan Kecamatan di kabupaten Polman.

dalam kunjungan tersebut Tim penilai lomba melakukan tanya jawab kepada para kader PHBS kelurahan Petoosang, setelah itu kemudian Tim penilai lomba bersama dengan Ketua TP PKK Kabupaten Polman melakukan monitoring langsung ke rumah-rumah penduduk. (Syarifuddin Andi)