Ternyata Lipstik Dapat Menyebabkan Penyakit Kanker dan Gangguan reproduksi Pada Wanita


LIPSTIK DAN BIBIR. Ternyata lipstik berbahaya bagi kesehatan

SULBAR99.COM– Lipstik merupakan salah satu alat kosmetik yang digunakan oleh seluruh wanita. Tanpa lipstik, wanita tidak akan percaya diri dalam penampilannya. Bahkan di dalam tas, lipstik menjadi barang yang wajib dibawa kemana-mana. Kebanyakan wanita menggunakan lipstik untuk menjadikan penampilan lebih cantik dan segar. Bibir yang pucat bisa menjadi segar dan sehat berkat lapisan lipstik.

Saat ini, lipstik memiliki fungsi dan jenis yang bervariasi. Ada lipstik yang berguna untuk melembabkan bibir wanita, ada lipstik yang membuat bibir menjadi mengkilap dan ada pula lipstik yang berfungsi untuk mewarnai bibir menjadi memerah. Sehingga dengan menggunakan lipstik, penampilan akan menjadi lebih keren, berwibawa dan percaya diri.

Baca juga  Tips Menjawab 15 Pertanyaan Jebakan Saat Test Wawancara Kerja

Namun dibalik manfaat lipstik yang cukup banyak bagi wanita, penggunaan lipstik ternyata juga dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya dan ditakuti serta jadi momok bagi wanita. Sebagian Lipstik mengandung merkuri yang bisa menyebabkan penykit kanker. Pada umumnya lipstik yang mengandung merkuri ini adalah lipstik yang murahan dan lipstik palsu yang meniru lipstik yang telah memiliki nama ataupun merek. Olehnya itu, bagi para wanita yang ingin terhindar dari penggunaan lipstik yang mengandung merkuri, maka disarankan agar dalam memilih lipstik, pilihlah lipstik yang telah melalui uji kesehatan laboratorium sehingga bebas dari kandungan merkuri. Jangan sekali-kali karena harga lipstik yang murah, maka lipstik itu digunakan tanpa memperhatikan akibat yang ditimbulkan jika tetap menggunakan lipstik yang mengandung Merkuri.

Baca juga  Pacar Anda Suka Bohong, Ini Cara Mengetahuinya

Merkuri  berisiko mengganggu berbagai organ tubuh, seperti otak, jantung, ginjal, paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh. Merkuri bersifat korosif pada kulit bibir. Ini berarti mengoleskan merkuri pada bibir akan membuat lapisan kulit bibir semakin menipis. Paparan yang tinggi terhadap merkuri dapat berupa kerusakan pada saluran pencernaan sistem saraf, dan dapat menyebabkan penyakit ginjal.

Selain itu, beberapa merk lipstik juga memiliki kandungan zat kimia methylparaben. Zat kimia ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena bisa menyebabkan kanker.

Baca juga  Pria Yang Senang Berselingkuh Dengan Wanita Muda Memiliki Resiko Kematian Yang Lebih Cepat

Penggunaan lipstik juga dapat menyebabkan gangguan pada reproduksi wanita. Mengapa itu bisa terjadi?. Lipstik yang dijual murah dan sembarangan ternyata memiliki kandungan retynil palmitate yang merupakan zat kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Berdasarkan penelitian para ahli, zat kimia retynil palmitate adalah salah satu penyebab kanker bagi wanita. Selain dapat menyebabkan kanker, zat kimia retynil palmitate juga menyebabkan gangguan pada reproduksi wanita yang menyebabkan wanita menjadi mandul.

Retynil Palmitate  ketika terpapar sinar matahari, senyawa retinol pecah dan memproduksi radikal bebas yang meracuni sel, merusak DNA, dan menyebabkan kanker, retinyl palimitate juga bisa mempercepat pertumbuhan sel jahat dan tumor kulit bila digunakan pada bibir sebelum terpapar sinar matahari.(***)


LIFESTYLE