Telan Anggaran Rp 350 Juta, Kini Warga Desa Sayoang Nikmati Air Bersih Pansimas


SULBAR99NEWS.COM-POLMAN, Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat di desa Sayoang sudah bisa dirasakan masyarakat, Kamis (24/12/2020).

Pansimas fase tiga tahun 2020 adalah proram penyediaan air minum sanitasi berbasis masyarakat, kini sudah dapat dirasakan masyarakat yang bermukim di desa Sayoang dan dua desa lainnya yang di Kecamatan Alu kabupaten Polman.

Melalaui program pansimas dibangun sistem penyediaan air minum (SPAM) perdesaan dengan opsi mata air pegunungan, yang menelan anggaran Rp 350 juta, yang berasal anggaran APBN Rp 245 juta, sisanya berasal dari APBdes dan swadaya masyarakat, dengan tujuan meningkatkan jumlah warga masyarakat kurang terlayani di wilayah perdesaan dan peri-urban yang dapat mengakses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan.

Baca juga  Ditjen PPKTrans Gandeng BUMD NTT Kembang Biomassa di Kawasan Transmigrasi

Jasman, Fasilitator senior yang didampingi kepala desa Sayoang Mas’ud mengungkapkan, jika masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik dan merawatnya, pamsimas ini akan selalu berkesinambungan dan berkepanjangan. “Masyarakat pun puas menikmatinya. Bukan hari ini saja atau bulan ini, jika bisa masyarakat menjaganya sampai bertahun tahun manfaatnya akan dirasakan,” ungkap Jasman.

Baca juga  UKM Pengolahan Kemiri di Desa Betteng Butuh Bantuan

Terkait iuran untuk perawatan, lanjut Jasman, akan dibicarakan dan dimusyawarakan ke masyarakat.

Baca juga  Desa Peduli Anak, Penyediaan Smartphone dan Internet Bagi Anak Tidak Mampu

Sementara itu, Kepala desa Sayoang, Mas’ud menambakan, program pamsimas ini menyentuh tiga dusun yang ada di desa Sayoang. “Sangat baik dan bagus, masyarakat tak lagi kekurangan air bersih dan bisa juga langsung dinikmati di rumah masing masing. Intinya masyarakat berterimakasih atas adanya program ini,” tutup Mas’ud. (Syarifuddin Andi)


SEPUTAR DESA