Tegang, Lima Jam Penyelamatan 15 Warga Terjebak Banjir Diantara Dua Arus Sungai

  • Bagikan
Seorang warga dievakuasi dengan tali oleh Tim SAR

SULBAR99.COM-BARRU – Tim SAR Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel yang dipimpin langsung Danyon B Pelopor Kompol Sapari, S.Sos. didampingi Wadanyon B Pelopor AKP Rudi Mandaka, S.H. melakukan evakuasi korban banjir di Desa Manuba Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru dengan haru dan menegangkan, Minggu (12/1/2020) sekitar pukul 15.00.

Tim SAR tiba di lokasi kejadian dan langsung berkoordinasi dengan Tim Basarnas Sulsel serta Tim dari Sat Polairud Polda Sulsel tentang cara dan tekhnis evakuasi.

Kondisi awal di lokasi kejadian, warga yang rencananya akan dievakuasi sementara terjebak di rumahnya dan berada diantara dua sungai yang lebarnya sekitar 20 meter, dimana air dari sungai tersebut telah meluap dan mengalir ke kolong rumah warga (rumah panggung) dengan arus yang sangat deras.

Setelah dilakukan koordinasi, evakuasi dilakukan dengan membuat sebuah jembatan dari bambu yang disusun sedemikian rupa. Selanjutnya personel membawa tali sling ke seberang untuk dikaitkan, kemudian digunakan untuk mengevakuasi warga dengan peralaan tambahan seperti Harness.

Dalam penyelamatan tersebut, 15 warga berhasil diselamatkan, yakni Lk. Lahattang (50), Lk. Lapasang (72), Lk. Labaco (41), Lk. Latang (35), Pr. Isennang (45), Pr. Inani (30), Pr. Rahma (26), Lk. Baharuddin (17), Lk. Nurhandi (23), Lk. Supratan (22), Lk. Sulaiman (16), Lk. Ferdi (12), Pr. Narya (4), Lk. Nuzul (5), dan Pr. Nurlela (2).

Kegiatan evakuasi berlangsung hingga pukul 18.30 Wita, berlangsung dalam keadaan aman dan lancar, serta warga yang dievakuasi dalam kondisi sehat. (Firdauz)

  • Bagikan