STQH IX Tahun 2021 Sulbar Resmi Dibuka, Bupati Majene Serahkan Piala Bergilir


SULBAR99NEWS.COM-POLMAN, Bupati Majene H. Lukman menyerahkan Piala Bergilir kepada Gubernur Sulbar untuk kembali diperebutkan pada ajang STQH IX Sulbar Tahun 2021, dimana pada STQH VIII tahun 2019 Kab. Majene keluar sebagai Juara Umum I.
Selanjutnya Gubernur Sulbar menyerahkan kembali piala bergilir tersebut kepada Ketua LPTQ Sulbar.

Seleksi Tilawatil Quran & Hadist (STQH) ke IX 2021 Tingkat Provinsi Sulawesi Barat resmi bergulir 2 Juni 2021. Pembukaan event dua tahunan tersebut di gelar di Gedung Gadis Kabupaten Polewali Mandar yang dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar. Konsep acara di kemas dengan mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19. Masing – masing Kafilah yang hadir dipembukaan dibatasi 15 orang dan tidak devilen dan digantikan dengan pemutaran video masing-masing kafilah.

Turut hadir hadir dalam ceremony pembukaan STQH dari Pemerintah Majene, yaitu Bupati Majene beserta Ketua TP PKK Majene, Pj. Sekda & Ketua Dharma wanita Persatuan Majene, Assisten I Setda selaku Ketua Kafilah, Ka. Kemenag Majene beserta Ketua DWP Kemenag, Kadis. Perhubungan dan Kabag. Prokompi Setda Majene.

Baca juga  Pembangunan Jalan Alternatif Menuju Kampus Unsulbar Rampung

Sementara dari Pemerintah Provinsi Perwakilan Forkopimda Sulbar, Para Bupati – Wakil Bupati se Sulbar, Para Sekda selaku Ketua LPTQ se Sulbar, Kanwil Kemenag. Sulbar, para Kepala Kemenag. Se Sulbar
dan Pimpinan OPD Sulbar.

Ketua LPTQ Provinsi Sulbar Idris DP dalam sambutannya mengatakan suatu kebahagiaan Pemprov Sulbar tetap melaksanaan STQH ke IX  kendati dalam situasi pandemi Covid 19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Meski diakui pembinaan untuk pengembangan Tilawah Al Qur’an masih dirasakan minim. “Masih banyak hal-hal yang harus dibenahi dalam rangka memajukan dan meraih prestasi dalam event STQH di tingkat nasional pada masa masa yang akan datang, ” ujarnya.

Baca juga  Delapan Mega Proyek di Barru Bakal Diresmikan Menteri dan Gubernur

Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal MAsdar  berharap lantunan Al-Qur’an yang dibacakan dengan alunan suara yang indah, dapat melahirkan generasi-generasi yang mempunyai kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, dan kecerdasan moral sebagai modal untuk membangun bangsa khususnya Provinsi Sulawesi Barat.

Ia juga mengajak semua pihak untuk selalu meningkatkan kualitas pembinaan yang lebih profesional dan bermutu, dan kepada seluruh dewan hakim agar bekerja secara professional, sehingga dapat mendapatkan bibit-bibit terbaik untuk menjadi duta dan Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat untuk bersaing pada STQH tingkat Nasional. “Harapan kita semua untuk menyiapkan generasi yang siap bermusabaqah pada berbagai lomba di perhelatan STQH Tingkat Nasional mendatang,” pungkasnya.

Sebelumnya dilaksanakan penyerahan Piala Bergilir Juara Umum STQH Ke IX Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2021 oleh Gubernur Sulbar dan pelantikan dewan hakim STQH IX Tingkat Provinsi Sulbar.

Untuk cabang lomba diantaranya cabang Tilawah Al-Quran terdiri dari; Golongan Anak-anak putera dan puteri, Golongan Dewasa putera dan puteri, bertempat di Masjid Agung Syuhada Kabupaten Polewali Mandar,, Cabang Hifzh Al-Qur’an terdiri dari : Golongan 1 Juz dan Tilawah putera puteri, Golongan 5 Juz dan Tilawah putera puteri bertempat di Masjid Ar-Rahman Kabupaten Polewali Mandar. Cabang Hifzh Al-Qur’an terdiri dari Golongan 10 Juz putera puteri, Golongan 20 Juz putera puteri, Golongan 30 Juz putera puteri, bertempat di Masjid Ar-Rahman Kabupaten Polewali Mandar. Cabang Tafsir Al-Qur’an terdiri dari Golongan Bahasa Arab putera puteri,yaitu hafalan 30 Juz dan Tafsir Juz X1, bertempat di Gedung Gadis Kabupaten Polewali Mandar, Cabang Musabaqah Hadits Nabi terdiri dari, Golongan hafalan 100 Hadits dengan sanad putera dan puteri dan Golongan Hafalan 500 hadits tanpa sanad putera puteri, bertempat di Aula Kementerian Agama Kabupaten Polewali Mandar. (Ih)

Baca juga  BI Sulbar Dorong Percepatan Implementasi Penerapan QRIS di Majene

DAERAH