Serap Aspirasi, Anggota DPRD Sulbar Dalif Arsyad Reses di Banggae


Anggota DPRD Sulawesi Barat M Dalif Arsyad saat menggelar reses di Battayang.

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Anggota DPRD Sulawesi Barat M Dalif Arsyad menggelar reses tahap satu masa sidang kedua tahun anggaran 2021 di lingkungan Battayang Kelurahan Banggae, untuk mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat, Rabu (10/2/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Lurah Banggae, Kepala Lingkungan setempat, tokoh agama dan puluhan peserta reses.

Reses kali ini berbeda dari biasanya, sejumlah usulan mulai permintaan pembangunan talud, air bersih, jalan setapak hingga pembuatan bak sampah masuk dalam kewenangan kabupaten. “Kita menyayangkan, padahal saya berharap menerima usulan yang masuk kewenangan provinsi namun didominasi kewenangan kabupaten,”ucap Dalif Arsyad di depan peserta yang hadir.

Baca juga  Tindak Lanjuti Evaluasi Mendagri, Bamus DPRD Sulbar Rapat Pembahasan KUA dan PPAS 2022

Dalam reses tersebut, Sekretaris komisi I DPRD Sulbar itu tetap mendengar dan menerima usulan untuk kemudian berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten. Selain itu, politisi PKB ini juga memberikan pemahaman kepada masyarakat yang hadir soal pembagian kewenangan antara provinsi dan kabupaten.

Baca juga  Ketua DPRD Pasangkayu Mengutuk Keras BOM di Gereja Katedral Makassar

Ditanya sesaat setelah acara usai, terkait masih kurangnya pemahaman masyarakat antara kewenangan provinsi dengan kabupaten, politisi muda ini menilai kurangnya sosialisasi pemerintah setempat, ditambah lagi kelurahan atau desanya juga kurang memahami. “Dalam penyusunan program kegiatan kabupaten prioritasnya dipisahkan kewenangan provinsi, jangan yang bisa dikaver provinsi diprogramkan di kabupaten. Misalnya dalam satu wilayah sudah diprogramkan dana kelurahan, yang tersisa diharapkan ke provinsi tapi tidak masuk kewenangan provinsi kan sia-sia juga. Lebih baik itu yang diselesaikan, kemudian yang masuk kewenangan provinsi disisa saja lalu diusulkan ke provinsi,” jelas Dalif.

Baca juga  Itol Saiful Tonra Hadiri Rapat Paripurna Pengesahan Tata Beracara BK DPRD

Dia mencontohÄ·an, dana kelurahan bisa termanfaatkan dengan pembangunan talud, bentor sampah juga CSR BUMN melalui kelurahan atau lingkungan yang bermohon, akan direalisasi apalagi tahun anggaran baru.

Meskipun acara reses dilaksanakan di siang hari namun antusias masyarakat untuk mengikuti reses sangat besar. (Satriawan-adv)


PARLEMEN