RSUD Majene Canangkan Gemas Cantik

  • Bagikan
GEMAS CANTIK. Nurkiah Wahyu, Kabid Penunjang Pelayanan RSUD Majene canangkan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Antibiotik (Gemas Cantik). (Foto : Ali Muhtar/sulbar99)

SULBAR99.COM–MAJENE,-Guna mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan ketrampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar, RSUD Majene, melalui Kepala Bidang Penunjang Pelayanan, Canangkan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Antibiotik (Cantik).

Kabid Penunjang Pelayanan RSUD Majene Nurkiah Wahyu, yang juga selaku Reformer Latpim III Angkatan IV LAN Makassar ditemui diruang kerjanya, Sabtu (13/7) mengatakan, penggunaan obat yang rasional merupakan salah satu langkah dalam upaya pembangunan kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan  yang aman dan bermutu di setiap fasilitas kesehatan.

Menurutnya, permasalahan yang sering dijumpai dalam penggunaan obat yaitu kurangnya pemahaman masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, dan menyimpan obat dengan benar.
“Penggunaan antibiotika oleh masyarakat secara tidak benar dan tepat, itu dapat memicu resistensi, contohnya obat amoxilin, masyarakat sepertinya sangat gampang mengkonsumsi obat tersebut, padahal itu tidak baik jika tidak mendapat informasi dari petugas kesehatan,” katanya. 

Masalah lainnya yang timbul sebut Kia, adalah penggunaan obat bebas dan bebas terbatas tanpa informasi dan supervisi yang memadai dari tenaga kesehatan.

“Itulah pentingnya pencanangan edukasi penggunaan obat secara benar dilaksanakan, tujuannya adalah sebagai upaya mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman, dan ketrampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar,”ungkapnya.
Ia berharap dari kegiatsn edukasi penggunaan obat secara benar,  ada dampaknya  bagi masyarakat, bahwa menggunakan obat secara tidak tepat dan benar itu bisa berbahaya.

“Saya ingatkan pada masyarakat, sebelum mengkonsumsi obat, terlebih dahulu harus mencari informasi pada petugas yang ada di apotek,”pungkasnya. (Ali)

  • Bagikan