Rizal Faharuddin, Mantan Kasipidsus Kejari Majene Raih Gelar Doktor


Rizal Faharuddin, mantan Kasi Pidsus Kejari Majene raih gelar Doktor di bidang hukum, di Unhas Makassar (Foto: Dok)

SULBAR99.COM-MAJENE, Mantan Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Majene, Rizal Faharuddin, Rabu (27/11) siang, meraih gelar Doktor setelah dinyatakan lulus dalam sidang ujian program doctoral yang digelar di Universitas Hasanuddin Makassar.

Rizal Faharuddin yang saat ini menjabat  sebagai Kasi penyidikan pada Aspidsus Kejati Sulbar ini, berhasil meraih gelar doktor melalui disertasinya berjudul “Sanksi Reparatif dalam Pemidanaan Korporasi pada Tindak Pidana Korupsi”.

Dia dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan,  setelah Rizal menjalani sidang ujian promosi doktor program Studi Ilmu Hukum Pascasarjana Unhas yang dipimpin Dekan Fakultas Hukum, Prof Dr. Farida Pattitingi, SH. MHum.

Baca juga  Memprihatinkan, Siswa SDN 30 Babasondong Belajar di Tenda, Sekolah Roboh Total Pasca Gempa M 6,2

Dalam disertasinya itu, Rizal alumnus Fakultas Hukum Unhas tahun 2002,  antara lain menguraikan, berangkat dari pengalamannya pada saat menjabat Kasi Pidsus Kejari Majene sejak tahun 2017 hingga 2019,

”Pengalaman saya waktu itu melakukan penanganan perkara Tindak Pidana Korupsi dengan tersangka Korporasi yaitu PT. Fatimah Indah Utama dan PT. Karya Putra Tunggal Jaya,”ungkap Rizal, Kamis (28/11).

Rizal menambahkan, program perkuliahan yang diikutinya ini, merupakan program Beasiswa, kerjasama Kejaksaan RI dan Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin Makassar angkatan II.

Baca juga  Penilaian Adiwiyata Nasional, Empat Sekolah di Majene Wakili Sulbar

“Peningkatan SDM Kejaksaan gencar dilakukan, salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan beberapa Universitas ternama di Indonesia, selain Unhas, Kejaksaan juga bekerjasama dengan UGM dan UI. Sebagai tamu kehormatan, Kajati Sulbar, pak Darmawel Aswar, bersama Kajari Majene, pak Nursurya hadir dalam acara ujian, terima kasih yang tak terhingga kepada beliau,”pungkasnya.

Kajati Sulbar, Darmawel Aswar saat menghadiri acara ujian

Sementara Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat, Darmawel Aswar saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Kamis (28/11) menyampaikaan, setelah melalui diskusi dan perdebatan dengan Promotor, Co Promotor dan penguji, Alhamdulillah, Rizal lulus dengan nilai A sehingga mendapat IPK 3,90, sungguh pencapaian yang sangat luar biasa.

Baca juga  Hari Anti Korupsi, Kejari Majene Harapkan Generasi Milenial Paham Bahaya Korupsi

“Semoga dengan promosi Doktor, pak Rizal ke Kejati Sulbar akan lebih terlihat kiprah dan kemampuannya, untuk mengolah dan meningkatkan kemampuan dalam penanganan Tindak Pidana Korupsi di Sulbar,”sebutnya.

Kajati Darmawel juga menyebut, Rizal itu seorang pekerja keras dan mempunyai kemauan yang keras, baik dalam bekerja maupun meneruskan pendidikan yang diraihnya, dengan bersaing guna mendapatkan beasiswa dari Kejaksaan.

“Pak Rizal itu berpenampilan sederhana, tapi punya wawasan pengetahuan yang luas, ini terlihat saat menangani perkara di Kejari Majene, dia adalah orang yang tidak pernah putus asa dalam mencapai dan menggapai yang dicita citakan,”ungkapnya. (Ali)