Ritel Gulung Tikar, Siapa Yang Bertanggung Jawab?


Oleh : Annida Indah Khofiyah

Bismillahirrohmanirrohiim…..
Gerai Giant di kabarkan tutup akhir Juli? Ya benar, PT Hero Supermarket tbk memutuskan untuk menutup semua gerai giant dan beberapa dialihkan fungsi menjadi gerai IKEA dan diubah menjadi Guardian atau Hero Supermarket. Mengapa demikian? Kabarnya penutupan giant tersebut dikarenakan menjadi salah satu bagian strategi perusahaan untuk meningkatkan potensi bisnis yang lebih tinggi dibandingkan Giant.

Penyebab lain dari perusahaan ritel besar yang mengalami gulung tikar dan pengalihan fungsi ini tidak lain adalah karena terkena dampak covid-19, PT Hero Group menjadi perusahaan selanjutnya yang akan menutup semua gerai giant yang dimana 5 gerai hypermarket giant dikabarkan akan dialih fungsikan menjadi toko peralatan rumah tangga yakni IKEA dan Gerai Giant lainnya akan ditutup.

Baca juga  Tepatkah Kurikulum Moderasi Beragama?

Selain karena terdampak pandemi covid-19 perusahaan ritel terbesar mengalami kebangkurtan dikarenakan kurangnya tingkat konsumsi masyarakat di daerah tersebut sehingga mau tidak mau perusahaan PT Hero Group menutup gerai Hypermarket Giant.

Lalu, bagaimana nasib para karyawan giant? Akibat perusahaan ritel tersebut mengalami gulung tikar, para karyawan yang bekerja di gerai tersebut terpaksa harus di PHK namun perusahaan sudah memberitahu para karyawan sebelumnya mengenai hal tersebut dan akan memberikan kompensasi yang adil bagi seluruh karyawan.

Lantas bagaimana tanggapan pemerintah terkait hal ini? Dimana apabila banyak perusahaan ritel gerai-gerai yang ditutup maka pendapatan kas negara akan berkurang juga retribusi pendapatan daerah juga akan berkurang bahkan hilang. Lebih lanjut ketua umum asosiasi pengusaha ritel Indonesia Roy Nicholas Mandey mengatakan agar meminta kepada pemerintah untuk memasukkan sektor perdagangan ritel dalam APBN 2021 menjadi salah satu prioritas pemerintah.

Baca juga  Hanya Islam yang Mampu Mencetak Generasi Penakluk

Dengan begitu apakah pemerintah akan mempertimbangkan permintaan tersebut? Akankah permintaan tersebut bisa terealisasikan oleh pemerintahan sekarang? Bagaimana halnya dengan pemerintahan Islam dalam menanggapi hal tersebut? Tentu saja pemerintahan Islam akan menanggapi hal tersebut secara serius dan menanganinya secara langsung agar tidak terjadi hal demikian. Dimana pemerintahan Islam menggunakan aturan yang bersumber dari ALLAH yakni Al-Quran dan As-Sunnah melalui nabi Muhammad SAW pemimpin pertama umat muslim.

Baca juga  Narasi Menggelikan Negara Islami Bukan Negara Islam

Sebagai umat muslim, masihkah kita akan berdiam diri dengan kerusakan yang terjadi hari ini? Masihkah kita akan menolak sistem Islam? Atau bahkan masihkah kita akan menjadi penghalang berdirinya sistem Islam? Tak rindukah kita akan sistem Islam? jawabannya pasti iya! Rindu! Oleh kerena itu, sudah waktunya kita bangkit, sudah waktunya kita bergerak, sudah waktunya mengambil barisan paling depan untuk menegakkan kembali sistem Islam kaffah, sistem Islam secara menyeluruh yakni Khilafah ‘als Minhaj An-Nubuwwah.
Wallohualam bissowab


OPINI