Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Makassar, Ruang Gerak di Berbagai Tempat Sangat Terbatas


PADAT RAPAT. Ribuan pemudik memadati Pelabuhan Makassar. Tampak sejumlah pemudik berdesakan menuju ruang tunggu pemberangkatan kapal ( Foto : Idham)

Sulbar99.com– Ribuan Pemudik berbagai tujuan padati pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Senin,3/6/2019. Hal ini disebabkan karena lonjakan tiket pesawat sehingga sebagian besar masyarakat yang dulunya memanfaatkan angkutan udara pesawat untuk mudik akhirnya beralih menggunakan kapal laut.

Seperti yang terlihat di Pelabuhan Makassar siang ini, sedikitnya terdapat ribuan pemudik berbagai tujun diantaranya Surabaya, Jakarta dan lain-lain terlihat padat rapat di berbagai tempat lowong, baik itu dipinggiran jalan, di tempat parkir maupun di ruang tunggu. Selain itu, tampak pula sejumlah pengamanan dari sejumlah pihak kepolisian untuk mengamankan mudik lebaran tahun ini di pelabuhan Makassar.

Baca juga  Majene Kaya Potensi Sejarah dan Budaya, Dalam Dialog Budaya dan Sejarah BPNB Sulsel

Salah seorang pemudik asal Surabaya, Wulan mengatakan, dirinya beralih menggunakan angkutan laut karena harga tiket pesawat terlalu mahal.”Biarmi dulu naik kapal pak, lumayan buat berpetualang setelah sekian tahun tidak naik kapal laut kalau mudik,” Ujar Wulan di tengah-tengah rapatnya pemudik di Pelabuhan Makassar.

Baca juga  Edaran Mendagri, PNS Wajib Berpakaian Serba Hitam Setiap Kamis

Sejumlah penumpang yang dimintai keterangan terkait padatnya pemudik di Pelabuhan Makassar semuanya menjawab dengan alasan tiket pesawat yang sangat mahal.” Mahal sekali tiket pak, belum lagi bagasi tidak ditanggung,” Ujar salah seorang penumpang kapal laut KM. Tidar. Sekadar informasi, waktu sekarang, sekitar pukul 13.00, terdapat tiga kapal pelni yang siap berangkat menuju tujuan masing-masing, yakni KM. Tidar, KM. Dempo dan KM. Wilis.

Baca juga  Himbauan KPK Tentang Larangan Mobil Dinas Digunakan Mudik Lebaran dan Larangan Menerima Parcel Kurang Digubris di Sulbar

Sementara itu, salah seorang driver grab yang ditanya terkait penumpang menuju arah pelabuhan Makassar, Driver online tersebut dengan tegas mengatakan, saat ini, penumpang tujuan Pelabuhan ramai memesan jasanya. “Sebelum tiket pesawat naik, biasanya waktu waktu mudik ini banyak sekali penumpang yang saya antar tujuan bandara, namun karena banyak orang beralih ke kapal laut, makanya saat ini, penumpang saya banyak tujuan Pelabuhan Makassar,” Ujat Ardianto, Salah seorang driver online. (IH)


NASIONAL