Ratusan Peternak Ayam Gelar Aksi Demo di Kementan


Ayam, hewan ternak yang rawan memasuki pekarangan atau kebun orang lain. (Net)

SULBAR99.COM. Dalam salah satu pasal RKUHP menyebutkan, unggas yang masuk di kebun atau pekarangan tetangga dan merusak tanaman, pemilik unggas akan dikenakan denda Rp10 juta.

Seperti Pasal 278 RKUHP yang menyebutkan setiap orang yang membiarkan unggas yang diternaknya berjalan di kebun atau tanah yang telah ditaburi benih atau tanaman milik orang lain dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II.

Baca juga  Ciptakan Unsur SAR Terlatih, Basarnas Mamuju Bakal Gelar Pelatihan SAR

Peternak ayam yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Pengusaha Peternak Ayam Nasional (Gopan) yang menggelar aksi demo di depan kantor Kementerian Pertanian di Jalan Harsono RM, Ragunan, Jakarta, Kamis (26/9), bukan mendemo terkait pasal 278 RKUHP, namun mereka mendemo tentang kestabilan harga ayam.

Baca juga  Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari 2021, Peran Bidang Kesehatan Ditingkatkan

Dikutip dari CNN, para peternak tersebut menuntut peran pemerintah untuk menstabilkan harga ayam. Mereka mengklaim harga ayam anjlok di bawah Harga Pokok Produksi (HPP), sehingga merugikan para peternak.

Baca juga  Rehabilitasi Infrastruktur Pascakerusuhan Wamena Dipercepat

“Kami peternak rakyat mandiri menyampaikan tuntutan dan aspirasi kepada pemerintah dan pihak terkait untuk menuntut kestabilan harga ayam hidup dan penegakan regulasi,” ujar Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan (Pinsar) Jawa Tengah Parjuni yang menjadi orator aksi. (Ih)


NASIONAL