Puncak Hari Bhakti Transmigrasi Digelar di Pesisir Selatan


Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PPKTrans), Aisyah Gamawati, memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Peringatan Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke-71 Tahun 2021.

SULBAR99NEWS.COM-JAKARTA – Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PPKTrans), Aisyah Gamawati, memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Peringatan Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke-71 Tahun 2021.

Rapat yang dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) ini dihadiri Dinas Nakertrans Provinsi Sumatera Barat, Dinas Nakertrans Kabupaten Pesisir Selatan, Dinas Nakertrans Kabupaten Indramayu, dan perwakilan dari UKE I yang masuk ke dalam kepanitiaan HBT ke-71.

Dirjen Aisyah menyampaikan, puncak peringatan HBT ke-71 ini direncanakan akan dipimpin langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar tanggal 12 Desember 2021 di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat.

Baca juga  Hari Bhakti Transmigrasi ke-70, Kakanwil Kemenag Sulbar Apresiasi Gus Menteri Bantu Warga Terdampak Covid-19

“Tema Peringatan HBT ke-71 Tahun 2021 ini adalah Transmigrasi Wujud Nyata Implementasi SDGs Desa Untuk Pembangunan Berkelanjutan,” kata Dirjen Aisyah, Rabu (10/11/2021).

Untuk memeriahkan HBT inilah direncanakan sejumlah agenda secara daring dan luring, antara lain tabur bunga, upacara peringatan HBT, Lomba HBT Cup dan Pagelaran Wayang Virtual.

“Tabur Bunga seperti yang selalu diadakan tiap tahun akan diadakan di Makam Transmigrasi Sukra Kabupaten Indramayu tanggal 9 Desember 2021 dengan jumlah peserta sekitar 25-30 orang.,” kata Dirjen Aisyah.
Tabur bunga ini memang merupakan agenda rutin dari peringatan HBT tiap tahunnya.

Baca juga  Gus Menteri Tertarik Bakso Ikan Tuna Karya BUMDes Desa Bababulo Utara Majene

Acara berikutnya yakni Lomba HBT Cup yang direncanakan akan dilaksanakan di tanggal 15 November–7 Desember 2021.

Beberapa perlombaan yang digelar antara lain Bulu Tangkis antar UKE I, Tenis Lapangan antar UKE I, Bola Voli antar UKE I dan Lomba Menyanyi Virtual yang diperuntukkan bagi semua pegawai di lingkungan Kemendes PDTT termasuk pegawai Dinas ketransmigrasian di seluruh Indonesia.

Acara selanjutnya pagelaran Wayang Virtual yang diagendakan tanggal 4 Desember 2021. Acara ini dilaksanakan secara virtual langsung dari Sanggar Wargo Laras Yogya dengan Dalang Ki Sigit Aryanto dari Rembang Jawa Tengah.

Baca juga  Hari Ini dan Besok, Matahari Tepat Diatas Ka’bah. Saatnya Luruskan Arah Kiblat

“Upacara Peringatan HBT yang direncanakan dipimpin langsung oleh Menteri Desa, PDT dan Transmigrasu di Hari Minggu, Tanggal 12 Desember 2021 di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat.,” kata Dirjen Aisyah.

Adapun acara nanti direncanakan secara daring dan luring yang diikuti oleh seluruh pegawai Kemendes PDTT dan seluruh dinas yang menangani bidang ketransmigrasian di seluruh Indonesia.

Sekretaris Ditjen PPKTrans, Sigit Mustofa, yang turut hadir dalam rapat persiapan menambahkan bahwa seluruh kegiatan tetap akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan memperhatikan protokol Kesehatan.


NASIONAL