Puluhan Peserta Upacara HUT Proklamasi Pingsan


PINGSAN. Sejumlah petugas medis sedang merawat para peserta upacara yang pingsan. (Foto : Alimukhtar)

SULBAR99.COM-MAJENE, Puluhan siswa peserta upacara pingsan saat mengikuti upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di halaman pendopo rumah jabatan Bupati Majene, Sabtu(17/8/2019). 

Pantauan di lokasi, terlihat satu persatu peserta upacara jatuh pingsan, mereka terpaksa dipapah dan ditandu keluar lapangan untuk mendapatkan pertolongan dari petugas medis yang bertugas.

Hasil pemeriksaan dari petugas medis menunjukkan kondisi fisik dan tekanan darah peserta menurun akibat letih terkena sinar matahari, rata-rata mereka tidak sempat sarapan pagi  karena harus berangkat pagi pukul 06.00 sehingga kondisi kesehatan tidak stabil.

Baca juga  STQH IX Tahun 2021 Sulbar Resmi Dibuka, Bupati Majene Serahkan Piala Bergilir

Salah satu petugas medis dari Puskesmas Nur Syamsiah menjelaskan, beberapa peserta yang pingsan dan merasa pusing-pusing, karena perut dalam keadaan kosong. 

“Memang tadi sebagian ada yang pingsan mereka tidak sempat sarapan pagi, karena harus berangkat pagi-pagi sekitar pukul 06.30. Sehingga kondisi kesehatan tidak stabil, apalagi terkena panas sinar matahari, ” jelas Nur Syamsiah, Sabtu (17/8/2019).

Baca juga  Warga Pertanyakan Penggantian Akta Kelahiran Disdukcapil

Sementara itu salah satu siswa yang pingsan Maya saat ditanya mengaku, sebelum berangkat ke pendopo tidak sempat sarapan pagi, ”Perut saya kosong pak, makanya tadi kepala pusing-pusing
dan akhirnya pingsan, ”kata Maya di tempat perawatan medis.

Hingga upacara selesai, data yang diperoleh dari petugas medis terdapat 32 peserta yang distirahatkan di posko kesehatan untuk mendapatkan perawatan medis.

Baca juga  Pengurus Cabang NU 2020-2025 Majene Dilantik

Meski diwarnai insiden, pelaksanaan upacara yang dipimpin Bupati Majene Fahmi Massiara tetap berlangsung lancar hingga akhir acara yang dihadiri wakil Bupati Majene, Lukman, Ketua DPRD Majene, Sekda Andi Achmad Syukri, Forkopimda, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Majene serta anggota Legiun Veteran. (Ali)


DAERAH