Prestasi Atlet Terus Meningkat, POBSI Sulsel Target Emas PON XX Papua

  • Bagikan
Plt. Ketua Umum Pengprov POBSI Sulsel Felix Ligianto bersama salah seorang atlet Biliar Sulsel, Nindy Kleruk.

SULBAR99.COM-MAKASSAR, Pengurus provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Sulawesi Selatan intens pantau latihan atlet biliar persiapan menuju PON XX di Papua tahun 2020 mendatang.

Plt. Ketua Umum Pengprov POBSI Sulsel Felix Ligianto yang ditemui, mengatakan, meski jadwal PON Papua waktu pelaksanaannya masih jauh, tetapi atlet biliar Sulsel secara intens tetap menjalani latihan seperti biasa.

“Kami masih menunggu, karena jadwal PON belum ditetapkan, ya kita belum melakukan latihan atlet secara terpusat. Komunikasi dengan Atlet rutin kita lakukan, ”kata Felix ketika ditemui disela memantau latihan atlet biliar Sulsel di Arena Biliar, Kota Makassar, Senin, (18/11/2019).

Felix mengungkapkan, tim biliar Sulsel di PON XIX Jawa Barat 2016 lalu belum sempat memperoleh medali, dan ini sebagai cambuk untuk meraih prestasi ke depan. “Syukurlah saat ini prestasi atlet kita terus mengalami peningkatan, tapi belum maksimal,” ujar Felix.

Atlet biliar Sulsel pada pra PON XX Jakarta lalu, lanjut Felix berhasil meloloskan 3 orang Atlet untuk berlaga pada PON XX Papua, 2 orang Atlet putra yaitu Ismail Kadir dan Wawank serta 1 orang Atlet putri yaitu Nindy Kleruk.

Atlet Biliar Sulsel, Wawank dan Nindy Kleruk.

“Selain mengandalkan atlet senior berprestasi, kami juga harus bisa menemukan potensi-potensi baru yang nantinya diorbitkan menjadi generasi biliar Sulsel yang bertalenta. Kami yakin masih banyak potensi yang tersebar di Sulsel, hanya saja belum maksimal,” ujar Felix.

Peningkatan prestasi biliar Sulsel pada PON XX mendatang, kata Felix sangat kita nantikan. Dia menegaskan, Sulsel memiliki banyak atlet potensial. Salah satunya Atlet biliar Sulsel Ismail Kadir terpilih mewakili Indonesia di ajang Internasional Sea Games 2019 di Filipina. Untuk itu, sebut Felix, potensi tersebut harus terus digali agar ke depan agar tim biliar Sulsel menuai prestasi yang lebih baik.

Felix optimis dengan kualitas atlet Sulsel saat ini, tim Biliar Sulsel dapat meraih emas. “Puncaknya pada PON XX Papua 2020 mendatang, bisa membawa pulang medali emas, membawa harum nama sulsel,”tutur pria yang juga hobi biliar.

Plt. Ketua Umum Pengprov POBSI Sulsel Felix Ligianto bersama salah seorang atlet Biliar Sulsel, Wawank.

Felix melanjutkan, satu tahun terakhir ini kualitas atlet biliar Makassar terbilang cukup disegani di kancah nasional. Untuk menjaga hal ini, harus dilakukan pembinaan jangka panjang dan terprogram, “Cara efektif untuk menemukan pemain berbakat dan bertalenta adalah pembinaan dan memperbanyak mengikuti kompetisi baik nasional maupun tingkat provinsi,”tegas Felix.

Atlet yang dibina, tambah Felix harus benar-benar memiliki mental untuk maju dan juara. “Saya selaku pengurus POBSI mendorong rumah biliar di Sulsel melaksanakan kejuaraan atau event. Ini program Pengprov POBSI Sulsel ke depan, yaitu memperbanyak event atau kejuaraan,” pungkas Felix. (erone)

  • Bagikan