Petani Nenas Dan Kemiri Di Betteng Pamboang Butuh Bantuan


Hamparan tanaman nenas dan kemiri banyak terdapat di desa Betteng. (Foto : Syarifuddin Andi)

SULBAR99.COM-MAJENE, Pengembangan ekonomi lokal melalui olahan nenas jadi kue, selai dan sirup dan buah kemiri jadi minyak kemiri menjadi salah satu potensi desa Betteng dalam aspek pertanian khususnya buah nenas dan kemiri.

Masyarakat yang berprofesi sebagai petani buah nenas dan kemiri banyak terdapat di desa Betteng menjadi salah satu komoditas andalan.

Baca juga  Sebuah Minibus Terguling Hingga 25 Meter. Ini yang Terjadi
Salah satu KSM di desa Betteng ( Foto : Syarifuddin Andi)

Kepala desa Betteng, Sultan yang ditemui Senin (16/12/2019) mengatakan, permasalahan yang dihadapi petani nenas di desa Betteng adalah keterbatasan alat yang dimiliki serta kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam mengelolah buah nenas.

“Permasalahan lainnya, menyangkut buah kemiri yang juga butuh mesin pengupas kulit dan pemecah buah kemiri,” ungkap Sultan.

Baca juga  Lusa, Empat Kecamatan di Majene Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Sultan menambahkan, jika kedua tumbuhan yang ada di desa Betteng ini dikelolah dengan baik, maka akan mampu mensejahterakan masyarakat desa Betteng.

“Petani buah nenas dan kemiri ini perlu mendapatkan perhatian pemerintah Majene untuk merubah mindset tidak hanya mampu bertani, tetapi mampu juga mengelolah hasil pertanian mereka,” ujar Sultan.

Baca juga  Kunker Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel di Majene. Ini yang Dilakukan

Sultan menambahkan, masyarakat petani dapat diberikan pembinaan dan pelatihan dari aspek produksi dan aspek menajemen usaha. “Seperti pengolahan nenas menjadi selai, kue dan sirup nenas. Begitupun kemiri yang bisa di jadikan minyak kemiri,” ungkap Sultan (Syarifuddin Andi)

Editor : Idham


DAERAH