Perusahaan Semen Yang Terancam Gulung Tikar di Sulawesi berinisial BW


SEMEN BOSOWA. Salah satu perusahaan semen terbesar di Sulawesi. (Internet)

SULBAR99.COM-MAKASSAR, Buntut  banting harga yang dilakukan pabrik semen dari China CONCH, dua perusahaan semen besar di Indonesia terancam gulung tikar. Bahkan PT. Holcim Indonesia sudah gulung tikar lebih duluan. Sementara itu, dalam waktu dekat, perusahaan semen yang berinisial BW yang terdapat di Sulawesi juga akan terancam bangkrut.

Hal ini diungkapkan Ketua Federasi Serikat Pekerja Industri Semen Indonesia (FSPISI) Ronida seperti yang dikutip dari tirto.id. Ronida menyebutkan, dalam waktu dekat ini, salah satu pabrik semen di kawasan Sulawesi juga akan mengalami kebangkrutan seperti yang terjadi pada PT. Holcim Indonesia. Hal ini diakibatkan dari banting harga semen yang dilakukan oleh perusahaan semen dari China.

Baca juga  Kemendes PDTT Raih Predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi

“Yang di Sulawesi itu berpotensi (bangkrut), karena sudah ada PHK, kemudian gajinya juga sudah mulai terhambat. Kita nggak tahu sudah berapa banyak, karena mereka bukan anggota kita. Kebetulan perusahaan ini belum menjadi anggota federasi kita,”ujar Ronida di Gedung KPPU jakarta Pusat, Senin (26/8/2019).

Baca juga  Gandeng UGM, Ditjen PPKTrans Siapkan Modul Buat Calon Transmigran

Lebih lanjut Ketua FSPISI tersebut mengungkapkan, kondisi seperti PHK, telat membayar gaji karyawan sudah terjadi di Perusahaan semen dari Sulawesi tersebut.

Meskipun Ronida tidak secara jelas menyebut perusahaan semen tersebut, namun Ronida menyebut inisial perusahaan semen dari Sulawesi tersebut. “Ya kan, bisa dicari, Wilayah situ inisial BW. Sudah ada PHK kemudian proses gaji sudah mulai tersendat. Saya dengar koindisinya sudah sejak setahun lalu,” tambah Ronida seperti dikutip dari tirta.id.

Baca juga  Mendes PDTT Akan Minta Kemenkeu Agar Pajak BUM Desa Dibedakan dengan Entitas Lain

Berdasarkan inisial yang disebutkan Ronida tersebut di atas dan penelusuran perusahaan semen yang berinisial BW di Sulawesi, maka kuat indikasi bahwa perusahaan yang dimaksud adalah Perusahaan Semen Bosowa yang berlokasi di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. (Ih)


NASIONAL