Pengurus Saka Kalpataru DLHK 2020-2025 Dikukuhkan, Ini Susunannya


SULBAR99.COM-MAJENE, Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Pembimbing dan Pengurus Satuan Karya Kalpataru Cab. Majene (Pangkalan Dinas Lingkungan Hidup & Kebersihan) Masa Bakti 2020 – 2025 digelar di Ruang Rapat Wakil Bupati Majene, Rabu, 5/2/2020.

Hadir dalam pengukuhan tersebut, Ketua Kwarcab. Pramuka Majene, Sekretaris Kwarcab. Pramuka Majene, Staf Ahli Bid. Pendidikan, Asisten II Setda Majene, Kadis. LHK Majene, Kabag. SDA Setda. Majene serta Pengurus Satuan Karya Kalpataru Majene.

Ketua Kwarcab. Pramuka Majene Dr. H. Fahmi Massiara, MH mengatakan, pada kesempatan ini seperti yang disaksikan tadi adalah pelantikan dan pengukuhan saka Kalpataru. “Pengurusan Saka adalah bagian dari Kwarcab yang spesifik, karena tidak semua OPD mempunyai Saka,” ujar Fahmi Massiara.

Pada prinsipnya, lanjut Fahmi, adanya Saka di lingkup OPD itu tentu memiliki pertimbangan tersendiri yang diatur dalam regulasi, karena di OPD yang mempunyai Saka adalah OPD yang dekat dengan pelayanan langsung kepada masyarakat.

Baca juga  MUI Majene Akan Keluarkan Maklumat Tiadakan Tarwih di Masjid

“Untuk pengkaderan dalam Pramuka ini dimulai dari sekolah. Sampai saat ini kita sudah berumur tua begini, masih juga bergelut dengan Pramuka, karena menjadi pengurus Pramuka adalah pendalaman jiwa kemanusiaan, jiwa melayani dan selalu ingin membantu,” ujar Bupati Majene.

Di Kwarcab Pramuka Majene, lanjutbya, sudah membentuk juga kepengurusan yang baru, dan yang mengisi pengurusnya adalah insan muda yang masih gesit dan kuat, sementara para Senior Pramuka sudah masuk dalam Majelis Pembimbing dan Pembina. “Pada intinya bila kita sudah menyatu dengan Dasa Darma Pramuka, maka kita akan semakin merasa dekat dengan alam, ini terkait dengan Saka Kalpataru yang ada di DLHK, hingga dapat juga membina ke sekolah sekolah untuk pembinaan Adywiata di sekolah, termasuk di dalamnya adalah dalam hal pencegahan kerusakan lingkungan,” tambah Bupati Majene.

Baca juga  Penyerahan Naskah Hibah Vokasi Unhas Tandai hari jadi Sidrap ke-676

Fahmi Massiara menambahkab, dapat pula disisihkan anggaran di OPD nya untuk kegiatan Pramuka, karena biasanya ada undangan pertemuan antar Saka Kalpataru ditingkat nasional. “ini juga akan membangun kemitraan dengan semua pengurus Saka Kalptaru se Indonesia dan dengan sendirinya akan terbangun interaksi sosial di dalamnya,” urainya.

Hari ini, lanjut Bupati, sudah melantik dan mengukuhkan Saka Kalpataru, tentu ini akan terjalin sinergitas antara Tupoksi dikantor dengan kepramukaan. “Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Dinas LHK yang telah resmi dilantik hari ini, semoga kedepannya akan semakin tercipta personil yang tangguh dalam hal Lingkungan Hidup – Kebersihan,” ujar Bupati Majene seraya berharap, kedepannya akan menjadi motor terdepan untuk dapat meraih Piala Kalpataru bagi Kab. Majene. (ih)

Baca juga  Ruski Hamid Nyatakan, Tidak Benar Bupati Majene Digugat

Susunan Majelis Pembimbing :
Ketua : H. Sudirman, S. Pd, M. Si
Wakil Ketua : Hj. Risma Yuliati, S. Pd
Sekretaris : Drs. Muh. Jufri, M. Pd
Bendahara : Muh. Hasanuddin, S. Sos
Angg : Hj. Fatmawati, SH
Angg : Rahmat Hatel, SKM, M. Kes

Susunan Pengurus Saka Kalpataru :
Ketua : Muhammad Hasanuddin, S. Sos
Wakil Ketua : Surya Dharma, S. Pd
Sekretaris : Haniah, S. Si
Bendahara : Mika Irawati, S. Pi
Pamong Saka Kalpataru : Putra & Putri
Instruktur : Putra & Putri


DAERAH