Pemkab Wajo Dukung Peningkatan Kapabilitas APIP

  • Bagikan
BIMTEK KAPABILITAS APIP. Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE memberi sambutan dalam kegiatan Bimtek Kapabilitas APIP level 3. (ist)

SULBAR99.COM-SENGKANG–Wakil Bupati Wajo,  H. Amran, SE selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo membuka secara langsung Bimbingan Teknis Peningkatan Kapabilitas APIP level 3 Inspektorat Daerah Kabupaten Wajo, yang diselenggarakan di Kantor BKPSDM Kabupaten Wajo, Selasa (16/7/2019).

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapabilitas APIP level 3 ini akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 16 sampai dengan 19 Juli 2019. Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat administrator, perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Pejabat fungsional dan Pejabat pelaksana lingkup Inspektorat Kabupaten Wajo.

Wakil Bupati Wajo H.Amran,SE menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas perhatian dan pembinaan dari BPKP. “Saya mengapresiasi langkah strategis yang ditempuh oleh Inspektur Daerah Kabupaten Wajo beserta jajarannya, yang telah berusaha secara maksimal untuk meningkatkan kapabilitas APIP nya agar dapat menuju ke level 3, salah satunya melalui Bimbingan Teknis yang dilaksanakan hari ini, “ungkap Amran.

Baca juga  Operasi Zebra. Pelanggaran Lalu Lintas di Polman Meningkat Hingga 3 Persen

Lebih jauh Amran mengatakan, Bimbingan Teknis ini dilakukan dalam rangka peningkatan pencapaian kapabilitas APIP Kabupaten Wajo, sebagaimana yang di programkan oleh BPKP Provinsi Sulawesi Selatan yaitu pembinaan kepada seluruh Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Wajo yang saat ini sudah berada di level 2.

Baca juga  Urus KTP, KK dan Data Kependudukan Lainnya,Tak Perlu Bolak-balik ke Disdukcapil Majene

“Kondisi ini sejalan dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah RPJM Nasional tahun 2015-2019 bahwa kapabilitas APIP harus berada di level 3 pada tahun 2019,” tambah Amran.

Untuk mencapai target tersebut Wakil Bupati Wajo menyampaikan 5 langkah strategis diantaranya menyiapkan grade desain secara terencana dan terpadu dengan melibatkan seluruh APIP dalam pelaksanaannya,  peningkatan kesadaran APIP untuk memiliki kapabilitas dan kapasitas yang profesional  dengan menyusun rencana kebutuhan diklat yang diperlukan APIP baik tingkat teknis maupun tingkat substantif.

Baca juga  Tuntas, 237 Jemaah Haji Kloter 18 Kabupaten Majene Telah Tiba, 1 Diantaranya Meninggal Dunia

Selanjutnya, tambah Amran, dalam melakukan penilaian secara mandiri kapabilitas APIP sesuai kriteria yang telah ditetapkan agar dapat diketahui kondisi APIP sudah berada di level berapa,  monitoring dan pengembangan kapabilitas APIP secara berkala dan berkesinambungan,  dan yang terakhir melakukan koordinasi proses penjaminan mutu oleh BPKP terhadap proses pembangunan.

“Tahun depan, Pemerintah Daerah telah
menganggarkan sebesar 0,75% dari total
belanja APBD Kabupaten Wajo Tahun
Anggaran 2020 diperuntukkan untuk APIP,” tutup Amran.(IH)

  • Bagikan