Pemilihan Duta Genre Majene 2021, Ini Pemenangnya


SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) Kab. Majene 2021 digelar di Aula Tappalang LPMP Sulbar, Sabtu malam, 6 November 2021.

Kegiatan yang bertema “Mewujudkan Remaja Unggul, Sehat, Cerdas dan Ceria” ini dihadiri yang mewakili Bupati Majene Staf Ahli Bupati Bid. Pendidikan dan Sosbud H. Mustamin, Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar, Kadis. PP & KB, Kadis. Pendidikan, Kadis. LHK, Mewakili Kadis PP PA, Kadis Budpar dan undangan lainnya.

15 orang finalis Duta Genre Majene akan memperebutkan tempat teratas untuk menjadi perwakilan Kabupaten Majene pada tingkat provinsi.

Selanjutnya dari 15 finalis tersebut akan diciutkan sebanyak 4 putra dan 4 putri yang berhak melangkah ke babak final.

Ketua panitia Najibah Alimuddin mengatakan, acara ini merupakan inisiatif dari Forum Genre Majene dan Dinas PP KB Majene dengan membuka pendaftaran secara online mulai bulan lalu. “Sudah melalui sesi wawancara secara daring dan juga secara langsung, proses penilaian selama 4 hari berturut turut,” ujarnya.

Najibah juga menjelaskan makna dari salam genre yang mengangkat tiga jari tangan, yaitu Nol atau Zero pada Nikah Dini, Sex Bebas dan Napsa.

Najibah berharap agar acara yang digelar malam ini dapat diterima dengan baik, dan permohonan maaf bila ada yang kurang berkenan.

Baca juga  Memprihatinkan, Siswa SDN 30 Babasondong Belajar di Tenda, Sekolah Roboh Total Pasca Gempa M 6,2

Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar Nuryamin mengatakan,
dirinya selalu merasa bangga dengan Majene terutama kepada Dinas PP KB dan para Duta Genre Majene.

Nuryamin berharap agar kegiatan Pemilihan Duta Genre ini tetap dapat dikawal terus, terkhusus kepada para Genre Majene agar tetap dapat berpartisipasi dan mengembangkan. “Karena pada pundak kalianlah masa depan bangsa ini dibebankan. Majene tidak akan punya arti bila para remajanya tidak bisa berbuat apa apa. Majene harus bangun dan terus dikembangkan, karena daya saing kita kedepannya akan saling kompetisi,” bebernya.

Piagam diserahkan oleh Mustamin, mewakili bupati Majene. (foto : prokopim Majene)

Angka stunting di Sulbar, lanjut Nuryamin, saat ini masih terbilang banyak, masih menunjukkan di angka 40,38 %. “Inilah menjadi ke khawatiran kita semua. Salah satu penyebab stunting adalah “Nikah Dini”, disinilah peran para Duta Genre untuk dapat membawa pesan dan edukasi kepada masyarakat sekitarnya, karena Duta Genre punya tanggung jawab moral, bukan hanya kepada diri sendiri namun juga kepada masyarakat,” tandasnya.

Nuryamin juga berharap agar para Duta Genre Majene bisa lebih unggul dan maju, bukan hanya ditingkat kabupaten namun juga sampai ketingkat provinsi, nasional dan global. “Untuk itu dibutuhkan persiapan lebih awal “Berencana itu Keren,” pungkasnya.

Bupati Majene sekaligus membuka acara, diwakili oleh H. Mustamin Staf Ahli Bupati Bidang Pendidikan, Ekonomi dan Sosbud mengatakan, pada Pembukaan UUD 1945 Alinea ke empat, menitip pesan kepada kita semua yaitu “Mencerdaskan kehidupan Bangsa”, cerdas dalam artian bahwa siapapun diantara kita, berpendidikan tinggi atau tidak, siapa yang mampu memperlihatkan akhlak yang baik sesuai dengan tuntutan dan kondisi dewasa ini, maka kecerdasan akhlak yang harus diutamakan.

Baca juga  Kondisi SDN 036 dan SMP Satap Poda-poda Tutar Memprihatinkan

“Melalui Visi Majene Unggul, Mandiri dan Religius, maka kalimat unggul diperlihatkan pada malam ini, dengan tampilan generasi muda yang tampil dengan penuh etika dan sopan santun kepada orang tua,” ujarnya.

SDM Majene akan dapat tercipta dengan baik dengan kegiatan seperti malam ini, karena dari Pemilihan Duta Genre ini menghadirkan makna, salah satunya adalah menjalin silaturrahmi atar kita semua.

K”epada para finalis Duta Genre agar meyakinkan dirinya sebagai generasi yang merencanakan rumah tangga yang baik kedepannya, jangan ada pernikahan dini atau pernikahan usia muda, karena hal tersebut menjadi salah satu penyebab tingginya angka stunting,” tambahnya lagi.

Mustamin berpesan kepada para Duta Genre agar menjadikan Visi Misi Bupati  – Wakil Bupati Majene Unggul Mandiri dan Religius, juga berharap agar hasil pemenang malam ini akan memberikan kontribusi yang banyak bagi Majene Rumah Kita.

Baca juga  Sudah Jenjang SMP hingga SMA, Tapi Tabungan Pelajarnya Masih Disimpan Kepsek SD di Sayoang

Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Majene dr. Hj. Wahida yang diwawancara seusai lomba menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kab. Majene yang selama ini telah memberikan ruang seluas luasnya bagi para duta genre Majene, untuk dapat mengeksplore kemampuannya sampai ke tingkat nasional, terkhusus kepada BKKBN Sulbar, serta kepada semua panitia pelaksana dalam hal ini para mantan duta genre Majene yang telah berjibaku dan bekerja secara mandiri hingga mengahasilkan kemasan acara puncak yang cukup berkesan.

Tak lupa juga dr. Wahida menyampaikan selamat kepada semua pemenang dan finalis lainnya, semoga kedepannya akan tetap memberikan yang terbaik bagi Kab. Majene sampai ke tingkat nasional, seperti tahun sebelumnya. (ih)

Hasil Lomba :
Putri :
▪︎Juara I >> Riska Aulianti Aris
(Utusan PIK R Lawuaya SMA 1 Sendana).
▪︎Juara II >> Nur Atika
(Utusan Stikmar Marendeng Majene)
▪︎Juara III >> Reski Amalia
(Utusan PIK Pondok Sehat Unsulbar)

Putra :
▪︎Juara I >> Agung
(PIK R Palipi Soreang)
▪︎Juara II >> Akmal
(PIK R Palipi Soreang)
▪︎Juara III >> Agus
(PIK R Marasana Tammero’do)

▪︎Juara Favorit >> Rini Damayanti
(PIK R Palipi Soreang)
▪︎Juara Social Media Campaign >> Ade Anriani
(PIK R Lawuaya SMA 1 Sendana)