Dibaca : 47 kali.

Pemdes Lombong Timur Manfaatkan Limbah Kayu Kelapa jadi Prabotan


Salah satu hasil dari limbah pohon kelapa, meja dan kursi untuk rapat

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE – Tak henti-hentiya Pemdes Lombong Timur berbuat inovasi dalam Pengembangan sumber daya Alam yang melimpah di desa Lombong Timur.

Ditemui sulbar99news.com, Senin (27/04/2020), Kades Lombong Timur, Bahtiar S mengatakan, pihaknya mencoba memanfaatkan waktu yang berharga untuk selalu berinovasi dan meningkatkan mutu masyarakat. “Dalam membuat karya seni dan memanfaatkan limbah kayu kelapa yang selama ini tidak terkelola dengan baik,” ungkapnya.

Baca juga  Akhirnya, Dua Dusun di Desa Banua Adolang Pamboang Teraliri Listrik Negara

Bagi masyarakat, lanjut Bahtiar, kayu kelapa yang sudah tua biasaya ditebang buat jadi balok ataupun papan, selebihnya hanya dijadikan bahan bakar rumah tangga ataupun hanya hancur dimakan rayap.

“Maka dari itulah saya selaku kepala desa Lombong Timur mengajak tukang kayu di desa kami buat memanfaatkan lebih kayu kelapa biar nilai jualnya bisa tinggi. Kami membuat terobosan baru dengan memanfaatkan limbah pohon kelapa untuk dibuat sebagai meja rapat, meja makan dan lain-lain dengan model nuansa alami dari kayu kelapa tersebut,” tambahnya.

Baca juga  Gus Menteri Gencar Sosialisasi Permendesa PDTT No 13/2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021
Baca juga  Desa Lombong Timur Gelar Gerak Jalan Cepat Antar Dusun

Ukuran beraneka macam, tambah Bahtiar, ada yang besar dan kecil. Bagi masyarakat di luar Lombong Timur, dapat memesan karya seni ini dan ikut membantu pengrajin lokal di desa Lombong Timur. “Jika berminat bisa langsung ke desa kami, desa Lombong Timur kecamatan Malunda,”tutupnya. (Firdauz)