Pelihara Disiplin Prajurit, Kodim 1402/Polmas Gelar Minggu Militer


SULBAR99NEWS.COM-POLMAN– Ditengah pandemi Covid-19, Prajurit Kodim 1402/Polmas tetap melaksanakan Kegiatan Minggu Militer yang digelar di lingkungan Kodim 1402/Polmas Kabupaten Polman, Sulbar, Senin (21/12/2020).

Minggu Militer merupakan kegiatan atau program TNI – AD yang kegiatannya dilaksanakan pada Minggu terakhir setiap bulannya. Berbagai materi dasar-dasar militer dilatihkan kepada prajurit untuk memelihara pengetahuan, keterampilan dan kemampuan serta kedisiplinan prajurit.

Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polmas Letnan Kolonel Arhanud Hari Purnomo, S.Hub.Int., M. Han, mengatakan bahwa kegiatan Minggu Militer yang dilaksanakan hari ini, disamping program dari komando atas, juga merupakan ajang untuk memelihara pengetahuan, keterampilan dan kemampuan serta kedisiplinan prajurit khususnya jajaran Kodim 1402/Polmas.

Baca juga  Bupati Majene Lukman Ikuti Forum Komunikasi Transmigrasi Regional II Tahun 2021

Kegiatan minggu militer ini dilaksanakan selama seminggu dan tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam pelaksanaanya, program ini tentunya sangat baik guna terus memelihara dan lebih memantapkan, baik itu pengetahuan, keterampilan serta kemampuan dasar militer prajurit yang dalam tugasnya selalu berada di tengah masyarakat.

Baca juga  Pembebasan Lahan Relokasi Korban Gempa di Desa Kabiraan Akhirnya Terwujud

Meskipun keseharian selaku aparat territorial dan pelaksanaan tugasnya di lapangan bersama masyarakat, namun kemampuan dasar militer harus tetap terjaga dan terbina, sehingga disiplin para parjurit tidak luntur. “Profesionalitas Prajurit dapat dilihat dari sikap, disiplin, loyalitas serta militansi yang ditunjukan dalam kesehariannya,” jelas Dandim.

Ia juga menambahkan bahwa dalam minggu militer Latihan PBB wajib dilatihkan karena latihan PBB bagian dari pemeliharaan disiplin Prajurit sekaligus untuk membentuk karakter serta mental Prajurit. “Karena pandemi Covid-19, kegiatan latihan PBB dan Defile ini jarak tetap dijaga dan tentunya harus menggunakan masker,” ucap Dandim.

Baca juga  Pelantikan Lukman Sebagai Bupati Majene Telah Diparipurnakan, Tinggal Menunggu SK Mendagri

Selain itu dijelaskan Dandim, materi Peraturan Militer Dasar (Permildas), seperti Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Disiplin Tentara (PDT), Peraturan Dinas Garnizun (PDG), Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD), dalam kegiatan Minggu militer juga dilaksanakan pembinaan jasmani seperti materi Hanmars maupun renang militer. (Zik-Madi)


DAERAH