Pekan Ekonomi Syariah Sulbar 2021. Lukman : Potensi Pangsa Pasar Syariah di Majene Menjanjikan


SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Bupati Majene Lukman mengikuti pembukaan kegiatan Pekan Ekonomi Syariah Sulawesi Barat yang digelar secara virtual oleh Bank Indonesia perwakilan Sulawesi Barat, Senin 21 Juni 2021.

Selain Lukman, turut hadir Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Deputi Bank Indonesia Sugeng, Bupati Mamuju Sutina Suhardi, Bupati Mamasa Ramlan Badawi, Wakil Bupati Pasangkayu, Kepala BI Perwakilan Sulawesi Barat, Pimpinan satker dan pimpinan instansi Vertikal Sulbar.

Di sela kegiatan zoom yang ia ikuti, Lukman mengatakan, potensi pangsa pasar syariah di Majene menjanjikan. Apalagi tren secara nasional juga besar dan terus bertumbuh. Modal yang paling penting dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Majene karena mayoritas penduduk Majene adalah muslim satu motor penggerak perekonomian.

Baca juga  Kebun Kelapa dan Pisang Hangus Terbakar di Simullu

Apalagi, lanjut Lukman, sektor ekonomi syariah bisa menyasar beberapa hal yang ada di Majene seperti perbankan syariah, halal food, fashion dan lainnya. Menurutnya hal tersebut harus menjadi perhatian, khususnya bagi Pemerintahan yang akan datang.

“Potensinya bagus, semoga akan menjadi perhatian serius bagi pemerintahan daerah ke depan,” ujarnya.

Kepala Bank BI Sulawesi Barat Budi Sudaryono saat memberikan sambutan mengatakan, Sulbar yang dilanda gempa bumi tidak hanya menelan korban jiwa, dan kerusakan pada infrastruktur namun juga berdampak pada sektor ekonomi.

Untuk itu sistem ekonomi syariah memiliki potensi besar dalam mendukung pertumbuhan dan perekonomian ekonomi Sulbar ke depan. BI kantor Perwakilan Sulbar melalui kebijakan keuangan syariah telah menyiapkan master plan ekonomi syariah sebagai manifestasi berbagai kegiatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sulbar, seperti edukasi kampanye syariah, memfasilitasi sertifikasi halal termasuk pembinaan produk dan SDM, mendukung pondok pesantren serta prodak unggulan UMKM.

Baca juga  Hasil Pilkades Sementara di Majene, Sembilan Petahana Tumbang

Senada dengan Bupati Lukman, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar optimis pengembangan ekonomi syariah sangat sesuai dengan kondisi Sulbar yang mayoritas bergama islam sehingga konsep tersebut diyakini akan berkembang dengan baik.

Selain itu keberadaan Bank Sulsel-Bar syariah yang menjadi penyimpanan dana juga mendorong sejumlah UMKM unggulan dan pembangunan. Ia bersyukur bencana gempa tidak mengurangi suplai komoditas unggulan khususnya pasar luar negeri seperti coklat dan arang tempurung. “Kami berterimakasih atas dukungan BI dalam mendorong pemulihan Ekonomi di Sulawesi Barat selama ini,” ungkap Ali Baal.

Baca juga  Pembangunan Jalan Alternatif Menuju Kampus Unsulbar Rampung

Deputi Bank Indonesia yang membuka pekan ekonomi syariah Sulawesi Barat kembali menegaskan komitmennya dalam mempercepat pemulihan ekonomi di Sulawesi Barat . “Dengan sinergi yang baik, ekonomi bisa berjalan, terlebih melihat daya ekonomi syariah dapat menjadi percepatan, ” terangnya.

Pekan Ekonomi Syariah Sulawesi Barat dihelat 21 – 25 Juni 2021. Untuk acara pembukaan juga dirangkaikan dengan diskusi panel. (hms-ih)


DAERAH