Peduli Gender dan KLA, Dinas PPPA Majene Uji Publik Dua Ranperda


SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Majene menggelar uji publik Ranperda tentang Pengarusutamaan Gender dan Ranperda Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak, yang dilaksanakan 8 Desember 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pola Kantor Bupati tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Majene Ardiansyah.

Ia mengapresiasi DPPPA Majene, karena implementasi kegiatan tersebut merupakan suatu komitmen Pemda melalui OPD tersebut untuk menghadirkan kepedulian terhadap pengarusutamaan gender dan KLA..

Baca juga  Ulfa Dwiyanti Baca Puisi di Majene, Kadis Pertanian Tak Kuasa Tahan Air Mata

Ia juga menilai, produk hukum tersebut  belum banyak dibuat di beberapa Kabupaten/Kota sehingga ia menilai inisiatif yang dilakukan OPD tersebut  bisa menjadi contoh di OPD lain.

Mantan Sekda Mamasa itu juga berharap Perda tersebut menjadi komitmen bersama, bahwa perlindungan anak dan pengarusutamaan gender yang aman dan ideal bukan hanya dibebankan ke pemerintah saja. ” Jadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah Majene, seluruh masyarakat,  pemerhati perempuan, dan lembaga kemasyarakatan,” papar Ardiansyah.

Baca juga  Tegas, Bis Angkutan Umum di Perbatasan Polman Pinrang Disuruh Putar Balik

Kadis. PP PA Hj. Riadiah Zakariyah  mengatakan, Ranperda tersebut  harus disosialisasikan melalui uji pubik ke masyarakat.

Tujuannya agar ada masukan dari masyarakat sebagai bahan penyempurnaan substansi Ranperda  tersebut. Meski ia mengaku ada keterlambatan jadwal karena belum termuat dalam penganggaran di DPA, namun berdasarkan masukan dari Bapemperda maka kegiatan tersebut bisa terlaksana. “Kita berharap uji publik ini akan melahirkan banyak masukan, dan melahirkan Perda yang bisa mendukung pelaksanan kabupaten layak anak dan pengarustamaan gender,” ucapnya.

Baca juga  Brimob Polda Sulsel Buat Perahu Rakit Dari Jerigen, Siap Diterjunkan Saat Bencana Banjir

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres, Ketua Pengadilan Negeri Majene, Ketua Pengadilan Agama Majene, Mewakili Kajari, Pimpinan OPD, Camat, Instansi Vertikal dan Organisasi Wanita. (ril)