Menteri PUPR Tinjau Penanganan Banjir Bandang di Batu


SULBAR99NEWS.COM-BATU, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meninjau penanganan banjir bandang di Batu, Jawa Timur, Kamis (11/11). Peninjauan yang dilakukan merupakan tindak lanjut atas perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk respon cepat penanganan.

Kementerian PUPR sudah menurunkan 11 alat excavator dan 13 dump truck untuk membersihkan area banjir bandang dan saat ini kondisinya sudah bersih.

Baca juga  Panglima TNI Bersama Kapolri Tatap Muka dengan Tokoh-Tokoh Papua

Dikatakan Menteri Basuki, banjir bandang terjadi karena daerah resapan air di hulu aliran Sungai Brantas yang sudah rusak sehingga menyebabkan sumbatan material sampah hutan pada aliran sungai dan aliran cabang anak sungai.

Sebagai langkah penanganan serta menghindari terulangnya kejadian ini, Menteri Basuki menginstruksikan untuk membersihkan dan memperlebar alur sungai dari titik kejadian di sekitar Alas Bengking sampai dengan pertemuan/muara Sungai Brantas sepanjang 4 km, serta pembangunan check dam di daerah hulu.

Baca juga  Warga Lokal Paser Resmi jadi Transmigran di SP Keladen

Kemudian, melakukan relokasi rumah yang hilang/hanyut dan berisiko bahaya tinggi yang berada di sempadan sungai ke rumah khusus yang akan dibangun oleh Kementerian PUPR di lahan desa yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batu.

Baca juga  Kemendes PDTT Dan Bupati Kukar Matangkan Rencana Program Ketahanan Pangan di Lahan Transmigrasi

Kementerian PUPR juga akan bekerja sama dengan Pemkot Batu untuk memperbaiki utilitas (pipa air minum) dan penggantian jembatan yang rusak akibat banjir bandang dengan bentang yang lebih lebar. (*)