Memprihatinkan, Kondisi Jalan Desa Puppuring Polman Rusak Parah


SULBAR99NEWS.COM-POLMAN, Akses jalan poros desa Puppuring Kecamatan Alu sepanjang kurang lebih 20 kilo meter, yang menghubungkan desa Puppuring dengan desa Pao Pao dan kelurahan Alu kondisinya sangat memprihatinkan.

Pasalnya, jalan penghubung antar desa tersebut, yang juga sebagai jalan satu satunya jalan yang sering dilalui warga Desa Puppuring dan warga Desa Pao Pao yang mau ke pasar di kelurahan Alu dan ke kota, jalannya rusak berat dan sangat memprihatinkan, butuh perhatian dari pemerintah.

Dari pantauan awak media di lokasi, di jalan terbuat dari rabat beton berukuran lebar dua meter dan jembatan terbuat dari kayu selebar 50 cm yang ada di desa puppuring, banyak yang rusak, terutama di pendakian dan tikungan. Selain itu, juga ditemukan jalan berlumpur, jika hujan tergenang air yang berserakan di badan jalan serta berlubang sangat membahayakan bagi pengendara, terutama pengendara roda dua serta roda empat, padahal jalan ini terkadang dilalui di saat anggota dewan reses di desa Puppuring.

Baca juga  Kemendes PDTT Luncurkan Aplikasi Desa Melawan Covid-19

Salah satu warga Desa Puppuring yang kebetulan melintas saat diwawancarai mengungkapkan, ia berharap kepada pemerintah agar segera memperbaiki jalan tersebut. ”Kami sangat memimpikan jalan ini diperbaiki dan layak untuk kami lalui setiap hari. Tapi tidak tahu kenapa pemerintah belum juga memperbaikinya, padahal sudah lama jalan ini rusak,” ungkap salah seorang Warga, selasa, (15/06/21).

Baca juga  100 Persen Warga Desa Buttu Baruga Dapat BLT Dana Desa

Menurutnya, jika musim kemarau, jalan menjadi berdebu dan apabila musim hujan maka jalan licin banyak ditemukan kubangan dan genangan air jalan pendakian dan penurunan sangat licin, kami butuh perjuangan untuk melaluinya.

“Mudah-mudahan pemerintah secepatnya memperbaiki jalan ini. Sebab sebagai warga, kami pun menginginkan jalan yang layak seperti di desa-desa yang lain,” tuturnya.

Baca juga  Tujuh Jam Menunggu di Lokasi, Beras PKH di Desa Sayoang Akhirnya Dibagikan

Senada dikatakan salah seorang kepala dusun di dusun Pusu Desa Puppuring. Menurutnya, rusaknya jalan tersebut telah menghambat roda perekonomian warga, harga jual hasil kebun juga dibeli murah pada tengkulak, padahal biaya angkut perpikulnya mencapai Rp 50 ribu atau satu kali angkut ke kelurahan Alu pasar Petoosang

“Jadi tolong kepada pemerintah segera perbaiki jalan ini agar kami juga bisa merasakan kenyamanan dan keamanan seperti di desa lain,” keluhnya. (Syarifuddin Andi)


SEPUTAR DESA