Terbaik terbaik

Dibaca : 17 kali.

Manfaat Daun Sirih China


Daun Sirih China. Tanaman pengganggu yang banyak tumbuh disekitar tanaman peliharaan ternyata memiliki sejuta manfaat.

Sulbar99.com. Daun sirih China (peperoma Pellucida) ternyata memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan. Daun suuh china di beberapa daerah memiliki nama yang berbeda, ada yang menyebut Ketumpang air dan adapula yang menamakannya Tumpangan Air.

Tanaman yang sebagian masyarakat dianggap sebagai rumput yang mengganggu dan selalu disingkirkan jika tumbuh di sela sela tanaman peliharaan kita ternyata manfaatnya luar biasa. Berikut beberapa manfaat daun sirih china dan cara penyajiannya :

Baca juga  Manfaat Belimbing Wuluh dan Sambal Lezat

Manfaat Daun Sirih China dan cara penyajian :

  1. Meringankan Sakit demam dan Sakit kepala, Ambil beberapa lembar daun sirih china, tumbuk sampai halus, setelah itu oleskan pada kedua pelipis. Selain dioleskan, daun sirih china juga dapat dikomsumsi dengan meminum airnya dengan cara beberapa lembar daunnya direbus dengan dua gelas air, setelah air mendidih dan berkurang menjadi satu gelas, lalu airnya diminum dalam keadaan hangat.
  2. Meringankan sakit Perut. Ambil beberapa lembar daun sirih china, tumbuk sampai halus, setelah itu diperas dan airnya diminum.
  3. Mengobati Sakit GInjal. Beberapa lembar daun sirih china direbus dengan dua gelas air, setelah air mendidih dan berkurang menjadi satu gelas, lalu airnya diminum dalam keadaan hangat. Bisa diminum dua kali sehari selama seminggu.
  4. Mengobati Asam Urat dan Rematik. Beberapa lembar daun sirih china direbus dengan dua gelas air, setelah air mendidih dan berkurang menjadi satu gelas, lalu airnya diminum dalam keadaan hangat
Baca juga  Manfaat Daun Kelor dan Potensi Bisnisnya
Baca juga  Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan

Selain daun sirih china dikomsumsi dengan cara merebus dan meminum airnya, Daun sirih China juga bisa dimanfaatkan sebagai sayur. Cara penyajian Daun sirih China bisa dijadikan sebagai sayur Tumis maupun sayur bening. Cara penyajiannya seperti sayur tumis dan sayur bening pada umumnya, yakni dengan dicampur beberapa bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, cabe besar, gaeam dan sebagainya. Setelah sayurnya matang kemudian dikomsumsi bersama nasi dan lauk pauk. (Selamat mencoba, semoga sehat selalu)