Manfaat Daun Kelor dan Potensi Bisnisnya


Sulbar99.com. Tak dipungkiri lagi, daun kelor dikenal sebagai daun ajaib yang kandungan gizinya jauh lebih banyak dibanding sayuran dan buah-buahan yang selama ini dikenal memiliki kandungan gizi yang melimpah. Seperti kandungan vitamin A daun kelor, selama ini masyarakat mengenal wortel merupakan sumber vitamin A yang paling baik, namun ternyata, kandungan Vitamin A daun kelor empat kali lebih banyak daripada wortel.

Demikian pula kandungan zat besinya, selama ini bayam dikenal bagus untuk sumber zat besi, namun ternyata daun kelor 25 kali lebih banyak kandungan zat besinya daripada Bayam. Sama halnya dengan vitamin C, dimana masyarakat mengenal buah jeruk merupakan sumber Vitamin C terbaik, namun daun Kelor mengandung empat kali lebih banyak kandungan vitamin C daripada buah Jeruk.

Baca juga  Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan

Daun kelor bisa dimanfaatkan sebagai makanan dalam bentuk apapun, biasanya masyarakat awam memanfaatkan daun kelor sebagai sayur. Tapi beberapa tahun terakhir, daun kelor banyak dikelola sebagai bubuk. Nah disitulah potensi bisnisnya.

Bubuk daun Kelor bisa dimanfaatkan sebagai bahan campuran makanan seperti bahan campuran untuk membuat kue lebaran, membuat pudin, dan berbagai macam kue. Bubuk daun Kelor juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan campuran membuat sosis, telur dadar dan sebagainya. Intinya daun kelor ini memiliki potensi bisnis yang besar, bahkan dibeberapa kota di Indonesia, Bubuk daun Kelor dimasukkan kedalam kapsul sebagai multivitamin sehingga bagi anda yang ingin menggeluti bisnis daun kelor sangatlah mudah.

Baca juga  Manfaat Daun Sirih China

Menanam pohon kelor tidaklah susah, hanya mengambil sebagian batangnya saja kemudian ditanam. Pohon kelor adalah pohon yang sangat gampang tumbuh, bahkan sebagian masyarakat beranggapan, asalkan batangnya menyentuh tanah, pastilah pohon kelor itu tumbuh,

Mungkin anda sedikit malas mengelolah daun kelor karena proses pemisahan daun dari tangkainya yang sedikit rumit, namun anda tak perlu memikirkan itu. Tekhnologi sekarang cukup canggih, bahkan teknologi sederhana pun bisa digunakan untuk memisahkan daun dari tangkainya. Hal yang paling sederhana adalah dengan membungkus daun kelor itu dengan kain selama 12 jam, setelah itu kainnya dibuka dan daunnya bisa rontok sendiri dari tangkainya. Bisa juga daun kelor dibungkus dan dipanaskan dengan oven selama beberapa menit, daunnya akan terpisah dari tangkainya, setelah itu, daun kelor di oven hingga kering.

Baca juga  Manfaat Belimbing Wuluh dan Sambal Lezat

Setelah daun kelor kering, daun kelor tersebut dimasukkan ke dalam blender sehingga menghasilkan bubuk daun kelor dan siap dipasarkan. Selamat mencoba. (IH)


HERBAL