Terbaik terbaik

Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan


Sulbar99.com. Pohon Pepaya adalah salah satu pohon yang tidak susah untuk ditanam. Selain bibitnya yang sangat banyak dijual dipasaran, bibit pohon pepaya juga kita bisa buat sendiri dengan memanfaatkan bijinya. Pohon pepaya menurut sebagian masyarakat, ada yang disebut pohon pepaya jantan dan ada yang disebut pohon pepaya betina.

Pohon pepaya yang berbuah adalah pohon pepaya berjenis betina, sedangkan pohon pepaya yang tidak berbuah tapi berbunga lebat adalah pohon pepaya jantan. Nah pohon pepaya jantan inilah yang kita manfaatkan bunganya sebagai obat herbal atau juga bisa dibuat menjadi sayur yang nikmat.

Baca juga  Manfaat Daun Sirih China

Bunga pepaya dapat digunakan sebagai sayur ada pula yang menggunakan sebagai obat herbal. Berikut ini adalah manfaat bunga pepaya :

  1. Mencegah penyakit Kanker. Mengkomsumsi bunga pepaya sebagai sayuran dapat mengurangi resiko infeksi di dalam tubuh. infeksi inilah nantinya yang bisa berubah menjadi kanker jika tidak dicegah dini. Bunga pepaya bisa mencegah infeksi jika rutin dikomsumsi.
  2. Menambah nafsu makan. Dengan mengkomsumsi bunga pepaya, nafsu makan pada anak-anak maupun orang dewasa bisa ditingkatkan sebab bunga pepaya mengandung zat yang dapat menambah nafsu makan
  3. Mencegah penyakit diabetes. kandungan bunga pepaya dapat menurunkan kadar insulin yang merupakan pemicu penyakit diabetes.
  4. Menurunkan berat badan. Bunga pepaya memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, sehingga jika kita mengkomsumsi bunga pepaya, obesitas yang biasanya disebabkan karena kelebihan karbohidrat bisa dicegah dengan bunga pepaya.
  5. Memperlancar haid. Mengkomsumsi bunga pepaya sangat membantu wanita dalam memperlancar haid, sebab nutrisi yang terkandung dalam bunga pepaya dapat membantu memperlancar peredaran darah sehingga bagi wanita yang tidak lancar haidnya, dapat segera teratasi dengan bunga pepaya.
Baca juga  Manfaat Belimbing Wuluh dan Sambal Lezat
Baca juga  Manfaat Daun Kelor dan Potensi Bisnisnya

Pada umumnya, bunga pepaya dimanfaatkan masyarakat sebagai sayuran yang enak dan nikmat. Salah satu cara menghilangkan rasapahit pada bunga pepaya adalah dengan merebusnya bersama asam jawa. Didihkan air dua gelas, setelah airnya mendidih, masukkan asam jawa dan bunga pepaya yang sudah dibersihkan, tunggu beberapa saat. Setelah itu tiriskan airnya dan bunga pepaya siap diolah sesuai selera. Ditumis dengan keran laut bisa, dimasak sebagai sayur asam juga bisa, terserah selera anda. Selamat menikmati. (IH)