Manfaat Belimbing Wuluh dan Sambal Lezat


Sulbar99.com. Belimbing wuluh adalah buah yang rasanya sangat asam, saking asamnya, jika kita menggigit saja ujung belimbing wuluh, air mata bisa keluar tanpa disadari. Namun dibalik rasa asamnya, belimbing wuluh memiliki manfaat yang luar biasa yang belum banyak diketahui manusia.

Namun, rasa asam Belimbing wuluh bisa disulap menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera jika disajikan dengan benar. Nah, para pembaca yang budiman, saya ingin memberitahukan rahasia menyulap belimbing wuluh menjadi hidangan yang lezat. Tentu saja pada umumnya manusia sangat menyukai sambal, bahkan ada sebagian orang tidak bisa makan jika tidak ada sambal. Nah disitulah rahasianya, sambal belimbing wuluh yang lezat. Cara penyajiannya sangat sederhana, ambil lima sampai enam buah belimbing wuluh, kemudian dicuci bersih.

Setelah belimbing bersih, potong tipis-tipis. Masukkan kedalam alu bersama garam secukupnya, gula secukupnya, cabe kecil sesuai selera dan perasan jeruk nipis. Setelah itu, ulek hingga halus. Sambal lezat belimbing wuluh siap disajikan dengan ikan bakar, dijamin enak dan bergizi.

Baca juga  Manfaat Daun Sirih China

Berikut ini beberapa manfaat belimbing wuluh bagi tubuh:

1. Mengobati gejala influenza seperti demam dan batuk

Sajikan belimbing wuluh dalam bentuk sambal. Agar menggugah selera, makanlah dengan nasi dan ikan bakar beserta sambal belimbing wuluh. Kandungan gizinya dan rasa asamnya bisa mengobati gejala flu dan demam.

2. Mencegah Alergi

Alergi disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang lemah. Mengkomsumsi belimbing wuluh bisa menambah kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang terdapat dalam belimbing wuluh cukup banyak. Jika anda mau menikmati belimbing wuluh, sajikan dalam bentuk sambal, dijamin maknyus

3. Mengatasi penyakit diabetes

Belimbing wuluh juga mampu mengobati diabetes melitus. kandungan gizi yang terkandung didalamnya dapat menurunkan kadar gula darah. Jika rajin mengkomsumsi belimbing wuluh, terutama dikomsumsi dalam bentuk sambal lezat karena selain sambalnya dinikmati, gizinya juga didapat. Kadar gula darah dalam tubuh berangsur akan normal jika rajin mengkomsumsi sambal belimbing.

Baca juga  Manfaat Daun Kelor dan Potensi Bisnisnya

4. Mengobati Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Makanlah sambal belimbing wuluh bersama nasi dan ikan bakar secara teratur, maka tekanan darah tinggi yang menggerogoti tubuh bisa berangsur normal. Dan tak lupa istirahat yang cukup.

5. Mengobati penyakit wasir dan ambeien

Belimbing wuluh bermanfaat untuk meredakan pembengkakan pada wasir dan rasa nyeri.. Komsumsi belimbing wuluh dalam bentuk sambal tapi jangan terlalu pedis sebab wasir berpantangan dengan rasa pedis. Kandungan yang terdapat dalam belimbing wuluh bisa mengurangi pembengkakan dan nyeri yang disebabkan wasir. Jadi dengan rutin mengkomsumsi sambal belimbing wuluh, penyakit wasir bisa perlahan sembuh tanpa melalui operasi.

Baca juga  Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan

6. Menurunkan berat badan

Manfaat belimbing wuluh bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Di dalam belimbing wuluh, terdapat kandungan zat antihiperlipidemik. Zat ini bisa mencegah peningkatan berat badan tanpa efek samping.

7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dan juga fosfor pada belimbing wuluh bisa memadatkan struktur tulang dan gigi. Olehnya itu, dengan rutin mengkomsumsi sambal belimbing wuluh, struktur tulang dan gigi akan semakin sehat, tidak gampang rapuh.

8. Mengobati jerawat

Belimbing wuluh bermanfaat untuk mengobati jerawat. Belimbing wuluh mengandung asam oksalat yang bisa mengurangi jerawat di wajah Anda. Haluskanlah buah belimbing wuluh lalu oleskan pada wajah seperti masker dan diamkan sampai mengering, setelah itu bilas dengan air hangat

Demikianlah beberapa manfaat buah belimbing wuluh yang belum banyak diketahui orang, bagi anda yang ingin hidup sehat dan nyaman, maka komsumsilah belimbing wuluh dalam bentuk sambal. Selain bisa menggugah selera makan dengan sambal lezatnya, juga hidup menjadi sehat dengan kandungan gizi buah belimbing yang terkandung didalamnya. (IH)


HERBAL