Lukman Sesalkan Kadis BPBD Tak Hadirkan Camat dalam Rakor Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana Kabupaten Majene

  • Bagikan
SOSIALISASI. Penyusunan dokumen rencana penanggulangan bencana daerah di ruang rapat Wakil Bupati Majene. (Ist)

SULBAR99.COM-MAJENE-Wakil Bupati Majene Lukman S.Pd, M.Pd sesalkan kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi penyusunan dokumen rencana penanggulangan bencana Kabupaten Majene yang berlangsung di ruang rapat Wakil Bupati Majene, Jumat (5/7/2019). Dirinya mempertanyakan kepada kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ilhamsyah terkait ketidakhadiran Camat dalam kegiatan tersebut.

 Menurut Lukman, Camat adalah penguasa diwilayahnya yang  bisa memberikan informasi yang akurat dan tepat terkait data bencana yang terjadi diwilayahnya. “Sedikit banyaknya mereka dapat memberikan data kepada Tim sehingga menghasilkan data yang lebih bagus lagi,” Ungkap lukman dalam penyampaiannya ketika memberi sambutan dalam acara yang dihadiri BNPB Pusat.

Mantan Wakil Ketua DPRD itu juga menyebutkan bahwa sebelum melakukan penanggulangan bencana, maka terlebih dahulu di dalam internal BPBD Kabupaten Majene harus terbebas dari “bencana” (korupsi-red). “Dimana –mana, yang menjadi tersangka itu justru yang mengelola bencana itu sendiri, tidak tertutup kemungkinan ada hal-hal yang justru kita yang membersihkan (mengelola-red) justru kita sendiri yang tidak terlalu bersih,” Tambah Lukman seraya meyebutkan sebelum melaksanakan penangggulangan bencana, terlebih dahulu harus streril dari persoalan yang bisa menyebabkan persoalan hukum.

Lebih jauh lukman menyebutkan bahwa salah satu bencana yang sering terjadi di Majene adalah kasus kebakaaran. Dirinya mencontohkan kasus kebakaran yang terjadi di Majene yang terkadang menyalahkan petugas pemadam kebakaran.” Kita datang dibilang terlambat datang, sudah banyak yang terbakar, apalagi kalau tidak datang,” Ungkap Lukman seraya menyebutkan bahwa ada ungkapan masyarakat  yang memplesetkan kata ‘PantangPulang Sebelum padam dengan mengubah menjadi Pantang Datang Sebelum Padam. (IH)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *