Lukman Akui Masih Banyak Program Pembangunan di Majene yang Belum Tuntas


SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Mantan Bupati Majene, Lukman Nurman mengakui masih banyak program pembangunan di Majene yang belum tuntas sejak ia menjabat Bupati Majene, selama enam bulan

Hal ini disampaikan Lukman dalam sambutannya pada acara serah terima memori jabatan Bupati Majene kepada Bupati Majene terpilih Andi Achmad Syukri Tammalele di pendopo rumah jabatan Bupati Majene, Selasa (29/6/2021).

Menurut Lukman, dalam perjalanan lima tahun ia bersama Almarhum Fahmi Massiara, sedikit demi sedikit telah melakukan bagaimana pembangunan, urusan pemerintahan dan urusan kemasyarakatan di Kabupaten Majene.

“Saya sedikit menggambarkan salah satu indikator apa yang telah dilakukan seorang bupati yaitu, di tahun pertama 2016 Alhamdulillah laporan pertanggungjawaban keuangan pada posisi surplus, begitu juga tahun 2017 sampai 2019 juga mengalami surplus,”ungkap Lukman.

Baca juga  Dishub Majene Launching Mobil Angkutan Kampus Unsulbar

Namun demikian kata Lukman, di tahun 2020 laporan pertanggungjawaban keuangan mengalami defisit sebesar Rp 3 miliar, hal ini terjadi disebabkan kondisi Negara dilanda pandemi Covid-19, yang berakibat semua daerah dipangkas anggarannya, termasuk Majene.

“Anggota dewan yang hadir pada hari ini saya sampaikan bahwa, tanggungjawab kami di tahun 2020 defisit angggaran sebesar Rp. 3 miliar. Tentunya hal ini akan dilanjutkan oleh bapak Bupati. Kami juga mengakui masih banyak program pembangunan yang belum tuntas selama menjabat Bupati Majene, seperti pembangunan Water From City,”ujarnya.

Lanjut Lukman menyampaikan, menjadi seorang Bupati tidaklah seindah dan tidak segampang apa yang dibayangkan orang, pekerjaan yang sangat menantang dan sangat dibutuhkan pikiran dan pengorbanan-pengorbanan yang lain, termasuk pengorbanan perasaan.

Baca juga  Program Samisake, Hanya Pamboang yang Usulkan Pengadaan Mobil Damkar

“Alhamdulillah hari ini adalah hari yang sangat berbahagia buat kami sekeluarga, tentunya kepada Bupati dan Wakil Bupati dan seluruh yang hadir pada hari ini, kenapa saya katakan bahagia karena, seandainya pelari marathon maka saya bersyukur karena bisa sampaai di finis pada hari ini, kepada pak Bupati dan Wakil Bupati Majene saya menitipkan sejumlah program yang belum tuntas sampai diakhir masa jabatan sebagai Bupati Majene,”pungkasnya.

Sementara itu Bupati Majene, A. Achmad Syukri Tammalele dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang selama ini telah memberikan bimbingan, dukungan dan bantuan, baik moril maupun materil, yakni Pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi,

Baca juga  Vaksin Covid yang Terpakai di Majene Capai 52.726 Dosis

“Termasuk para anggota DPR RI Dapil Kabupaten Majene, dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Majene, seluruh jajaran Forkominda, MUI, para pimpinan perusahaan, kalangan Perguruan Tinggi, Tokoh Masyarakat, Ormas dan organisasi profesi, LSM, teman teman media dan berbagai elemen masyarakat lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu,”ungkapnya.

Ia juga berharap kepada seluruh elemen masyarakat untuk membantu bersama-sama membangun Majene ke depan yang lebih baik. “Terima kasih atas kebersamaan, sinergi dan dukungan yang telah diberikan kepada kami berdua, utamanya kepada pak Kalma Katta yang mendorong hingga saya jadi Bupati,”ucapnya. (Indra Saputra)


DAERAH