Luar Biasa, Inovasi Kades Lombang Membuat Warganya Kini Nikmati Air Bersih di Rumah

  • Bagikan
Kepala desa Lombang Malunda bersama istri

SULBAR99NEWS.COM, MAJENE – Inovasi luar biasa dilakukan Sudirman, S.Pd, kepala Desa Lombang kecamatan Malunda Kabupaten Majene. Betapa tidak, sebelumnya warga desanya sangat sulit untuk mendapatkan air bersih, mesti menelusuri jalan yang jauh. Namun kini, 75 persen warga desa Lombang menikmati air bersih langsung dari kran di rumah warga.

Sudirman yang ditemui Senin (29/6/2020) menceritakan, dirinya selalu melihat peluang hidup lebih baik dan selalu berinovasi bagi masyarakat dan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat desa Lombang. “Desa kami berada di atas gunung dan termasuk tidak ada aliran sungai. Alhamdulillah kami mampu membangun sumber mata air bagi warga,” ungkap Sudirman.

Dia menyampaikan, program yang diusung adalah program yang dirundingkan masyarakat terlebih daerah saya adalah daerah di atas pegunungan dan sangat susah air.

Baca juga  Kemendes PDTT Luncurkan Aplikasi Desa Melawan Covid-19

Sudirman melanjutkan, masyarakat mesti berjalan ke lereng gunung untuk mencari air. “Saya sempat mencari akal agar warga bisa memanfaatkan sumber air tersebut, tapi saya berfikir lain, saya memanfaatkan sumur bor buat warga Lombang dan berfikir untuk memakai alkom celup, bukan mesin bor yang biasa, soalnya buat tarikan air lebih deras,” urainya.

Alhasil perjuangan Sudirman tidak sia sia, masyarakat Lombang saat ini sudah bisa dikatakan 75 persen penduduk bisa memanfaatkan air di rumah. “Tinggal memutar kran air dari rumah, masyarakat sudah bisa dapat air bersih,” tandasnya.

Baca juga  Desa Palece Gelar Musdes Pemutakhiran Data SDGs Desa 2021

Untuk titik Sumber air desa Lombang, Sudirman mengaku sudah membuatnya sejak 2018 dan 2019. “Sekitar 10 titik sudah ada, tapi Insya Allah kami akan membangun 3 titik lagi tahun 2020 ini,” ujarnya.

Saat ini, Sudirman berkonsultasi dengan pihak penyedia air sumur bor. “Selaku kepala desa, selalu berupaya agar masyarakat saya bisa menikmati program desa termaksud program strategis buat warga Lombang kedepannya, walaupun dalam kegiatan pembagunan desa masih sering ada beberapa yang masih mengangap kurang masuk, akan tetapi saya optimis beserta warga saya apapun kami lakukan,” tegasnya.

Baca juga  Pemberlakuan Mekanisme Pengelolaan Dana Desa Non-Tunai Tuai Beragam Komentar

Insya Allah, janji Sudirman, dia upayakan desa Lombang akan seperti desa-desa lain yang sudah lebih dulu berkembang. “Tapi kami tetap selalu menerima masukan dari warga terkait program kerja desa Lombang kedepannya. Harapan saya semoga adanya sumur bor, semua masyarakat dari desa Lombang sudah 100% bisa menikmati Air dan dialiri ke rumah-rumah warga,” harap Sudirman. (Firdauz)

  • Bagikan