Lelaki Paruh Baya yang Hilang di Bukit Semen Simboro Berhasil Ditemukan Tim SAR


SULBAR99NEWS.COM-MAMUJU, Rabu 27 Oktober 2021 pukul 22.30 Wita, Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju menerima laporan melalui petugas siaga dari Nina (pihak keluarga) warga Kel Rangas, Kec. Simboro, tentang 1 (satu) orang yang dinyatakan hilang di Bukit Semen Kec. Simboro, Kab. Mamuju.

Dari laporan yang diterima oleh petugas siaga Kantor SAR Mamuju, Korban atas nama Tukasmin Laki-laki 50 tahun, warga Kelurahan Rangas, Kec. Simboro, Kab. Mamuju. Diketahui bahwa pada pukul 10.00 Wita korban berangkat menuju ke bukit semen untuk berkebun, hingga pukul 17.30 Wita, menyampaikan kepada pihak keluarga bahwa Korban telah menuju kembali ke rumah, Namun hingga pukul 20.30 Wita korban belum kembali. Berdasarkan keterangan pihak keluarga, korban tidak mengenal medan yang dilaluinya.

Baca juga  Longsor di Anreapi Polman, Tiga Warga Meninggal Tertimbun

Menerima laporan tersebut Kepala Kantor SAR Mamuju Muhammad Arif Anwar, S.Sos.,M.M. memberangkatkan 1 (satu) time rescue untuk melakukan Operasi Pencarian dan Pertolongan (SAR) terhadap korban.

Dalam arahannya Arif menegaskan kepada tim, setiap pelaksanaan Operasi SAR harus dilaksanakan sesuai SOP yang ada, tetap menjaga Tetap jaga keselamatan, keamanan, tingkatkan koordinasi dan sinergisitas antara Potensi SAR yang ada, serta kedepankan protokol kesehatan Covid 19 dimanapun berada. Pada pukul 22.45 Wita tim rescue berangkat menuju lokasi kejadian dengan menggunakan Rescue Car dan peralatan SAR Pendukung lainnya.

Baca juga  PGRI Banggae Timur Door to Door Keluar Masuk Lorong Bagi-bagi Sembako

Pukul 23.15 Wita tim rescue Kantor SAR Mamuju tiba di lokasi kejadian, langsung melaksanakan koordinasi dan ikut bergabung dengan tim yang lebih dulu berada di lokasi kejadian, diantaranya Korem 142 TTG Mamuju, Polresta Mamuju, BPBD Mamuju, Damkar Kota Mamuju, Pemuda Pancasila, KPA Kapak, KPA Cakrawala, MDCM Mamuju, SAR Malaqbi, masyarakat dan pihak keluarga.

Dalam pencarian Tim SAR Gabungan dibagi menjadi 3 (tiga) SRU, dengan area pencarian SRU 1 melakukan penyisiran menulusuri jalur pendakian menuju gunung sammeng sebanyak 11 personil, menyusul SRU 2 dengan penyisiran dengan jalur yang sama dan SRU 3 melakukan penyisiran cepat dengan area pencarian dari rumah Koran ke pos 2 bukit semen hingga 28 Oktober pukul 02.00 Wita dengan hasil korban dapat ditemukan dalam kondisi selamat. Korban langsung di evakuasi oleh tim SAR Gabungan ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk dilakukan perawatan dan pemeriksaan untuk selanjutnya diserahkan ke Pihak Keluarga.

Baca juga  Komandan Pasukan Kelompok Teroris OPM Ditembak Mati Pasukan TNI

Dengan ditemukannya korban, Kamis 28 Oktober pukul 02.00 Wita Kepala Kantor SAR Mamuju menyatakan Operasi SAR dinyatakan selesai dan di tutup dengan ucapan terima kasih kepada seluruh Unsur yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi SAR. Semoga kordinasi, komunikasi dan sinergisitas dalam setiap kegiatan Operasi SAR dapat terus terjaga. (wan)