Lawi-lawi, Anggur Laut dengan Segudang Manfaat yang Jarang Diketahui


LAWI-LAWI. Selain enak dilalap, anggur laut ini juga memiliki segudang manfaat yang masih jarang dikatahui. (Ist)

SULBAR99.COM-MAJENE-. Anggur laut atau dengan nama latin Caulerpa Racemosa adalah sejenis rumput laut yang banyak dijumpai diperairan laut Dangkal Indonesia. Terkhusus di Kabupaten Majene, Anggur laut atau bagi orang Sulawesi menyebutnya lawi lawi sangat banyak dijumpai diperairan dangkal Majene. Seperti yang terlihat di Perairan Laut dangkal Garogo Banggae, Sabtu (29/6/2019), lawi-lawi sangat banyak tumbuh dan tidak dimanfaatkan penduduk setempat akibat ketidaktahuan mereka bahwa anggur laut itu adalah komoditas ekspor yang harganya mencapai Rp300ribu perkilogramnya.

Baca juga  Cara Membuat Kue Ode ode khas Mandar

Tumbuhan lawi-lawi ini hidup menjalar di pasir laut seperti tanaman ubi jalar, namun bedanya lawi-lawi tidak memiliki daun, hanya butiran hijau yang besarnya seperti penabur. Lawi-lawi merupakan salah satu kuliner yang disajikan dalam keadaan mentah tanpa melalui proses masak. Proses penyajian lawi-lawi seperti sayuran hijau pada umumnya. Lawi-lawi dibersihkan dari pasir yang masih menempel serta tangkai yang agak tua ditanggalkan. “Harus bersih betul, karena tumbuhnya diperairan dangkal, biar aman dikomsumsi,” Ungkap Ernawati, salah seorang penggemar lawi-lawi.

Baca juga  Karumbane, Siput Laut Khas Mandar yang Kaya Protein dan Asam Amino

Setelah dibersihkan dan dipisahkan tangkainya, lawi-lawi dicampur dengan kelapa parut serta jeruk dan garam secukupnya. Bagi yang suka pedas, ditambahkan lombok kecil secukupnya. “Kalau disini biasa disebut lawar lawi-lawi atau lalapan. Rasanya enak dan empuk,” Ungkap Ernawati.

Lawi-lawi memiliki segudang manfaat kesehatan dan kecantikan bagi tubuh yang jarang diketahui. Diantara manfaatnya yaitu dapat menjaga kecantikan rambut dan kulit. Beberapa ahli nutrisi mengungkapkan, lawi-lawi memiliki kandungan kolagen yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut, selain itu, lemak yang terdapat dalam lawi-lawi berguna untuk meningkatkan fluiditas sekaaligus mengurangi pori besar dan mengatasi kekeringan pada kulit.

Baca juga  Cara Membuat Bu'ubu'us, Kue Khas Mandar

Bukan cuma itu, lawi-lawi juga bermanfaat sebagai anti depresi karena mengandung Vitamin B peridoksin serta asam pantotenat. Lawi-lawi juga berfungsi untuk meningkatkan kinerja mata dan jantung. Asam lemak yang terdapat dalam lawi-lawi seperti AA, LA, DHA, EPA dan ALA sangat berguna meningkatkan kinerja penglihatan, menurunkan kadar kolesterol, menjaga struktur kolagen dan mencegah penyakit jantung. “Selain enak dijadikan lalapan penambah selera makan, ternyata lawi-lawi banyak sekali manfaatnya,” Kunci Ernawati. (AKB)

Laporan Akbar, Editor Idham Munir


KULINER