Lagi, Bupati Majene Serahkan 293 Sertifikat Tanah PTSL di Tande Timur


SULBAR99.COM-MAJENE, Setelah beberapa hari yang lalu, Bupati Majene serahkan 474 Sertifikat Tanah di Kelurahan Baurung, kini Bupati Majene serahkan lagi 293 Sertifikat tanah di Kelurahan Tande Timur, kecamatan Banggae Timur Majene.

Sekadar diketahui, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Bupati Majene dihadapan masyarakat dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Majene mengungkapkan, ini merupakan program presiden yang harus selesai dengan cepat. “Semua lokasi yang tidak ada masalahnya, harus diselesaikan (Sertifikat PTSL) dengan cepat. Kalau ada yang bersengketa, jangan dulu dimasukkan, nanti di belakang,” ujarnya dalam dialek Mandar.

Baca juga  BPN Majene Gelar Ekspos Internal, Selesaikan Masalah Tanah Kantor

Bupati Majene Fahmi Massiara menambahkan, hal ini dilakukan pemerintah untuk menertibkan hak kepemilikan tanah masyarakat. “Supaya ada kekuatan hukum yang dipegang. Kalau berperkara di Pengadilan, kita pasti kalah kalau tidak ada sertifikat,” ujar Fahmi.

Selain itu, Fahmi Massiara juga menyebutkan, PTSL ini untuk menghindari persoalan tanah di masyarakat. ” Inilah upaya yang dilakukan. Kita ini sudah tua, anak yang tumbuh besar, kalau tidak ada pegangan sertifikat, nanti apa yang terjadi,” tambahnya.

Baca juga  Lokasi Sekitar Sport Centre Majene Dijadikan Sebagai Kawasan Berikut

Bupati Majene sangat mengapresiasi kinerja BPN yang meskipun pegawainya terbatas, namun mereka siang malam lembur untuk menyelesaikan PTSL. “Karena ini wajib, maka BPN siang malam bekerja. Kalau tidak percaya, silahkan lihat sendiri di kantornya BPN, mereka bekerja siang malam,” ujar Bupati Majene.

Bupati Majene juga menambahkan, kalau sudah punya sertifikat, maka ini bisa dijadikan jaminan untuk pinjam uang di Bank.

Sebenarnya, lanjut Bupati Majene, sertifikat Tanah PTSL ini sudah lama selesai, namun karena Bupati ingin menyerahkan langsung kepada masyarakat agar lebih resmi, maka enyerahannya baru bisa dilakukan sekarang. “Sudah lama selesai, tapi saya mau serahkan langsung ke warga, bertemu warga biar lebih resmi lagi,” tambahnya.

Baca juga  Sembilan Bus dan Kawalan Polisi Iringi Keberangkatan Jamaah Calon Haji Majene

Tak lupa, Bupati Majene sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menyelesaikan program PTSL ini. “Terima kasih kepada pak Lurah, camat dan bapak Kepala BPN yang tak henti hentinya bekerja menyelesaikan PTSL ini di semua wilayah Kabupaten Majene, semoga bermanfaat, mendapat berkah dari Allah SWT dalam melaksanakan hidup sehari-hari,” pungkas Fahmi Massiara. (ih)


DAERAH