KPU Majene Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wabup 4 Hingga 6 September 2020


Ketua KPU Kabupaten Majene, Arsalin Aras

SULBAR99NEWS.COM, MAJENE, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Majene menjadwalkan masa pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Majene, mulai dari 4 sampai 6 September mendatang, selama tiga hari.

Ketua KPU kabupaten Majene, Arsalin Aras menjelaskan, untuk syarat calon dan syarat pencalonan mengacu pada PKPU Nomor 1 tahun 2020 tentang pencalonan, PKPU nomor 6/2020 tentang Pemilihan serentak dalam kondisi bencana non alam Covid-19 dan PKPU RI Nomor 5 Tahun 2020, tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020

Baca juga  Patmawati-Lukman Priotaskan Pembangunan di Seluruh Kecamatan

“Artinya ada dua syarat yang harus dilengkapi saat pendaftaran bakal calon nanti, yakni syarat calon dan syarat pencalonan. Kemudian bakal calon melaksanakan pendaftaran ke KPU Majene dengan mengacu pada 3 PKPU tersebut diatas, Jadi tetap dengan mengacu pada protocol kesehatan Covid-19,” terang Arsalin, dihubungi melalui telpon, Selasa (18/8/2020).

Baca juga  Pilkada Majene Dipastikan Tanpa Calon Perseorangan

Menurut Arsalin, sebagaimana pasal 49 ayat 2 PKPU nomor 6/2020, makan Parpol atau gabungan Parpol yang akan melakukan pendaftaran,”Jadi harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan KPU kabupaten untuk menyampaikan rencana waktu mendaftarkan diri,” katanya.

Arsalin  juga mengatakan, pihaknya meminta, bakal calon maupun partai politik atau gabungan partai politik untuk mempersiapkan seluruh dokumen yang diperlukan saat pendaftaran, sesuai dengan tahapan.

Baca juga  Rencananya, Pemeriksaan Kesehatan Cabup dan Cawabup Majene akan digelar di RS Wahidin Makassar

“Untuk itu, kita minta kepada para bakal calon, agar syarat calon dan syarat pencalonan dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum datang mendaftar ke KPU yang dibuka mulai 4 hingga 6 September 2020 mendatang,” ujarnya. (Alimukhtar)


PILKADA