KPU Majene Bakal Gelar Uji Publik DPS Pilkada 2020


Muhammad Subhan, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Majene

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Untuk memastikan semua warga Majene dapat menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada Serentak 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majene akan melakukan uji publik terhadap daftar pemilih sementara (DPS).

Diharapkan dari uji publik tersebut akan ketahuan siapa lagi yang belum terdaftar. Uji publik daftar pemiih sementara (DPS) akan dilaksanakan diseluruh desa dan kelurahan se-kabupaten Majene pada tanggal 27 September 2020.

“Dalan uji publik daftar demilih sementara ini, KPU akan mengundang para tokoh masyarakat, para kepala dusun dan kepala desa, pengawas kelurahan dan desa , serta para PPDP yang pernah bertugas dalam proses coklit,”kata Muhammad Subhan Divisi Perencanaan, data dan Informasi KPU Majene, Sabtu (26/9/2020).

Baca juga  Kapolres Pasangkayu Bersama Forkopimda Pantau Sejumlah TPS

Menurut Subhan, Uji publik ini dilaksanakan bertujuan, untuk memberikan ruang yang sebesar-besarnya bagi seluruh warga masyarakat,  untuk bisa mengoreksi DPS yang telah ditetapkan pada 7 September 2020 yang lalu.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya uji publik DPS ini,  akan semakin membangun kepercayaan terhadap data yang disajikan oleh KPU Kabupaten Majene,  dalam pilkada tahun 2020 ini,  serta akan membuat data pemilih semakin valid dan berkualitas,”ujarnya.

Baca juga  Nasdem Sulbar Konsolidasi Menangkan Habsi-Irwan Juga Paslon Usungan Pasangkayu dan Majene

Subhan juga mengatakan, DPS saat ini juga sedang diumumkan kepada seluruh warga masyarakat,  PPS telah mengumumkan daftar pemilih sementara disetiap kantor kelurahan dan desa masing-masing, termasuk di tempat yang strategis lainnya,

“Pengumuman tersebut dimulai tanggal 19 September 2020 dan akan berakhir pada tanggal 28 September 2020,  kami berharap seluruh warga masyarakat dapat pro aktif dalam melakukan tanggapan dan memberikan masukan terhadap daftar pemilih sementara tersebut,”harapnya. 

Baca juga  Jelang Rekapitulasi Suara Pilkada 2020, Kantor KPU Majene Dijaga Ketat Polisi

Ia menambahkan, Setelah proses uji publik dan proses pengumuman DPS berakhir, maka PPS dan PPK akan kembali melakukan rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS). Hasil Perbaikan yang selanjutnya akan ditetapkan oleh KPU Majene pada tanggal 9 sampai 16 Oktober 2020.

”Setelah itu akan ditetapkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT),  yang akan digunakan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Majene di Tahun 2020 ini, yaitu pada tanggal 9 Desember mendatang,”pungkasnya. (Alimukhtar)