Kinerja Kajati Sulbar Disorot Penggiat Anti Korupsi


Ketua Laskar Anti Korupsi Sulbar, Muslim Fatillah Azis

SULBAR99.COM-Laskar anti korupsi sulbar, menyoroti kinerja Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat. Pasalnya, sejak menjabat pada bulan oktober 2019 lalu, hingga kini belum memperlihatkan kinerja positif, khususnya di bidang pemberantasan korupsi.

Hal itu diungkapkan Ketua Laskar anti korupsi sulbar, Muslim Fatillah Azis, Selasa (18/2/2020). Dia mengatakan, kinerja Darmawel Aswar selaku nahkoda kejaksaan tinggi sulbar, sangat mengecewakan.

Muslim menilai, selama kurang lebih empat bulan bertugas di Sulbar, Darmawel belum melakukan terobosan apapun, padahal, kata muslim, kehadiran kejaksaan tinggi seharusnya bisa menjawab harapan masyarakat terkait peningkatan penegakan hukum.

Baca juga  Bupati dan Sekda Terancam Dipecat, Jika Tetap Pertahankan ASN Mantan Tipikor

“Kinerja kajati Sulbar khususnya di bidang pemberantasan korupsi, nol besar dan sangat mengecewakan. Selama kurang lebih empat bulan bertugas di Sulbar, Darmawel Aswar belum melakukan terobosan apapun,” jelas Muslim

Jangankan memproses laporan dugaan korupsi yang telah dilaporkan sejumlah penggiat anti korupsi, beberapa kasus yang dialihkan dari kejaksaan tinggi Sulawesi Selatan, bahkan belum jelas penanganannya.

Baca juga  Berkas Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa Bababulo P19

“Belum ada satupun kasus yang diproses, bahkan Kasus yang dialihkan penanganannya dari kejati Sulsel juga semakin tidak jelas,” jelas muslim

Seperti diketahui, sejak bulan Oktober lalu kejaksaan tinggi Sulawesi Barat yang sebelumnya di bawah naungan kejaksaan tinggi Sulsel, resmi berdiri sendiri dan dinahkodai Darmawel Aswar.

Baca juga  Wakil Bupati Majene Sebut Pungli Seperti Mahluk Halus dan Mahluk Aneh

Selain menyoroti kinerja Kajati, Muslim juga mendesak Kejaksaan Agung (Kejagung) RI untuk segera mencopot Kepala Kejaksaan Tinggi sulbar dan digantikan dengan figur progresif, yang berani menangkap koruptor di Sulawesi Barat.

“Kita desak Jaksa Agung untuk mencopot Darmawel sebagai kajati Sulbar, dalam tempo yang sesingkat singkatnya, karena semenjak dia menjabat, para calon tersangka koruptor semua bahagia, ” tegas Muslim. (ih)


ANTI KORUPSI