Kepengurusan InWOCNA 2019-2024 Sulbar Resmi Dilantik


Nara sumber dalam seminar Perawatan luka. (Foto : Istimewa)

SULBAR99.COM-MAJENE, Pelantikan pengurus DPW InWOCNA Sulbar (Indonesian Wound Ostomi Continen Nurses Association) atau Himpunan Perawat Luka, Stoma dan Kontinensia dirangkaikan Seminar keperawatan dilakukan InWOCNA Sulbar berlangsung meriah yang diikuti oleh perwakilan perawat tiap Kabupaten di Sulbar, Minggu (22/12/2019) di aula Masjid Agung Ilaikal Mashir.

Dengan mengangkat tema Luka kaki Diabetes dapat dicegah, salah satu pemateri dari Fakultas Ilmu Keperawatan Unhas Ns. Saldy Yusuf, MHS, Ph.D, ETN mengatakan, luka pada kaki yang disebabkan karna Diabetes dapat dicega. “Caranya dengan periksa kaki secara rutin, periksa bagian sepatu sebelum digunakan, cuci kaki setiap hari, potong kuku lurus, jangan gunakan bahan kimia atau plester untuk lepas kallus,” urainya.

Baca juga  Alumni 91 SMAN 1 Majene Bagi-bagi Sembako
Baca juga  Tambahan Empat, Saat ini Polman Tertinggi di Sulbar Kasus Covid19

Sedangkan salah satu pemateri Ns. Junaedi Yunding, M.Kep, Sp.Kep. MB juga menambahkan bahwa sering kita menemukan luka kaki pada pasien Diabetes. “Karena kaki merupakan bagian yang paling sering terbentur dan menopang beban tubuh yang berat sehingga proses penyembuhan luka terhambat,” urai Junaedi.

Pada kesempatan tersebut hadir Sekretaris PPNI Sulbar Ns. Kasminawati, S.Kep,M.Kes. Dalam sambutannya, dia mengatakan pentingnya mengikuti seminar yang diakui PPNI dan diberikan SKP sebagai salah satu syarat perpanjangan STR. “InWOCNA adalah salah satu organisasi kelengkapan PPNI yang diakui,” ujar Kasminawati.

Baca juga  Tekan Penyebaran Covid-19 di Parepare, Tim Gugus Disinfektan Kendaraan

Sementara itu, Ketua InWOCNA Sulbar Awaluddin melantik pengurus masa bakti 2019-2024.

Editor : Idham