Kemenag Sulbar Sembelih 12 Ekor Sapi


SULBAR99NEWS.COM-MAMUJU. Pasca pelaksanaan hari raya idul adha 1441 H/ 2020 beberapa waktu lalu, Kanwil Kemenag Sulbar melakukan penyembelihan qurban di area halaman kebun bersinergi usai menggelar upacara bendera, Senin, (3/8/2020).

Semangat berqurban menjadi ruh dalam menghadapi pandemi covid-19 di era new normal merupakan tagline dari acara penyembelihan hewan kurban. Acara tersebut diawali laporan dari ketua panitia Qurban 1441 H, Kabid Bimas Islam Dr. H. Misbahuddin. Dalam laporannya mengatakan, jumlah sapi kurban di lingkup Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat ada 11 ekor ditambah dengan 1 dari Bank Syariah Mandiri. ” Jadi jumlah keseluruhan ada 12 ekor, terdiri dari Sekertariat 2 ekor sapi, Bidang Pakis 2 ekor sapi, Bidang Bimas Islam 2 ekor sapi, Bidang Madrasah 2 ekor sapi, Bidang PHU 3 ekor, ” ungkap Misbahuddin.

Baca juga  Tak Tahu Berenang, Warga Dusun Lanu-lanu Sendana Tewas Tenggelam di Bendungan Puttada

Dengan mematuhi protokol kesehatan, penyembelihan dan pemotongan hewan kurban para petugas diarahkan agar tetap menjaga kebersihan diri dan memakai alat pelindung diri seperti masker dan senantiasa memakai handsanitizer. Para petugas juga diberi id card dan penyaluran daging hewan kurban diantarkan langsung para penerima.

“Sesuai hasil rapat petugas yang akan bertugas dalam pemotongan ini, kami beri id card agar supaya bisa tertib. Jadi yang tidak memiliki id card itu nanti tidak dapat bertugas, baik menyembelih maupun memotong-motong daging hewan kurban kita. Dan kesepakatan kita, kupon itu kita tidak undang yang akan menerima disini, tetapi kita yang antarkan keluar. Jangan sampai membuat kita rawan dari penyebaran Covid,” tutur Dr. Misbahuddin.

Baca juga  Seorang Nelayan Bacukiki Digigit Buaya Saat Pukat Udang di Sungai

Kakanwil Kemenag Sulbar Dr. H.M. Muflih B. Fattah, MM., megungkapkan, di hari terakhir “yaumuttasrik” hari senin ini, penyembelihan hewan kurban kita lakukan ini adalah bentuk kecintaan kita pada Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail A.S., tentu pada ajaran agama kita, khususnya Agama Islam.

“Sekali lagi saya memberikan apresiasi, terima kasih banyak kami sampaikan kepada para pembimas, ada Pak Ayyub (kristen), Pak Petrus ( katolik ), pak Ts Hariyanto ( budha ) dan iwayan suparka ( hindu ). Ini menunjukan persaudaraan dan betapa indahnya hari ini sinergitas yang dirajut dalam kebersamaan, ”ungkap Dr. Muflih.

Kakanwil juga mengharapkan pembagian penyaluran daging hewan kurban betul-betul kena sasaran, juga peruntukan untuk panti asuhan yang ada di sekitar kita.

Baca juga  Mobil Rombongan Paslon Habsi-Irwan Kecelakaan, Dua Orang Meninggal

“Hewan sembelihannya ini nanti saya mohon betul-betul kena sasaran sesuai yang membutuhkan juga kepada kaum Dhuafa. Dan jika masih ada, harus kita juga peruntukan pada panti asuhan jangan dilupakan, ini harus kita sentuh karena doa mereka itulah yang diijabah dan saya yakin dengan ikhlas kita melakukan penyembelihan hewan kurban ini In syaa Allah, semua saudara saudaraku yang berkurban akan diberikan umur yang panjang, kesehatan dan kekuatan serta istiqomah dalam ketaatan sekaligus sebagai penolak balaq bagi kita,” tutur Kakanwil Kemenag seraya mengharapjan, semoga Allah SWT meridhai langkah langkah dan aktivitas kita, dalam mengikuti ajaran yang dibawah para Anbiyyah, para warasatul anbiya dan para ulama dan panutan kita.(Hamsi)


PERISTIWA